Digitalisasi Tiket Kapal Feri, ASDP: Penggunanya Tumbuh 58 Persen

Kompas.com - 25/10/2021, 11:41 WIB
Ilustrasi: PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang KOMPAS.com/IRA RACHMAWATIIlustrasi: PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerapkan program digitalisasi penyeberangan sebagai bagian dari transformasi bisnis. Hal itu dilakukan dengan penjualan tiket via aplikasi Ferizy yang sudah diimplementasikan sejak 1 Mei 2020.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, program digitalisasi tiket penyeberangan terbilang cukup sukses, sebab mencatatkan pertumbuhan penggunanya (user).

Pertumbuhan pengguna yang membeli tiket penyeberangan via Ferizy periode Januari-September 2021 mencapai 245.719 user atau tumbuh sebesar 58 persen bila dibandingkan dengan tahun 2020.

Baca juga: Apa Itu Kapal RORO dan Bedanya dengan Kapal Ferry?

"ASDP telah berhasil melakukan peningkatan taraf peradaban dalam industri penyeberangan yang lebih modern," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (25/10/2021).

Sejak awal implementasi Ferizy hingga saat ini, tercatat jumlah pengguna (user) Ferizy mencapai 669.377 user, dengan rata-rata pertumbuhan sejumlah 27.302 user di tiap bulannya selama tahun 2021.

Hal ini menunjukkan adanya pertumbuhan pengguna Ferizy yang cukup signifikan mengingat jumlah pengguna Ferizy saat awal implementasi pada 1 Mei 2020 adalah 45.295 user

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menjelaskan, digitalisasi penyeberangan melalui layanan online ticketing Ferizy ini, diimplementasikan di 4 pelabuhan utama yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

"Kami meyakini digitalisasi penyeberangan yang kami lakukan saat ini, juga mampu mengubah wajah industri penyeberangan menjadi berkelas dunia, tentu dengan penguatan pada sisi kualitas layanan dan keselamatan penumpang," kata Shelvy.

Selain layanan online ticketing, digitalisasi juga dilakukan perseroan dengan penerapan metode pembayaran non tunai (cashless) menggunakan kartu uang elektronik, virtual account, dan dompet elektronik yang penerapannya dilakukan di lebih dari 20 pelabuhan ASDP.

Tak hanya itu, ASDP menerapkan pula verifikasi data vaksin Covid-19 pengguna jasa pada proses reservasi tiket online Ferizy yang terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi. Vaksininasi memang menjadi syarat wajib dalam proses reservasi tiket online di Ferizy.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.