Capaian Vaksin Rendah, 4 Provinsi Ini Jadi Sorotan Jokowi

Kompas.com - 25/10/2021, 16:54 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer ShutterstockIlustrasi vaksin Pfizer

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Presiden RI Joko Widodo menyoroti beberapa wilayah di luar Pulau Jawa-Bali yang capaian vaksinasinya masih rendah.

Wilayah tersebut, yakni Aceh, Papua, Sumatera Barat, dan Sulawesi Barat. Akselerasi vaksin Covid-19 dosis pertama di empat daerah tersebut masih berada di bawah rata-rata nasional.

"Presiden memberi catatan khusus kepada Papua, Aceh, Sumatera Barat, dan Sulawesi Barat untuk terus ditingkatkan karena mereka adalah salah satu yang terendah di level 24-33 persen," kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM, Senin (25/10/2021).

Baca juga: PPKM Jawa-Bali, Sopir Logistik Kini Harus Punya Kartu Vaksin dan Tes Antigen

Sementara itu, capaian vaksinasi di 5 provinsi sudah berada di atas nasional. Lima provinsi tersebut yakni Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

"Kemudian 22 provinsi lainnya masih di bawah nasional dan arahannya masih harus diakselerasi," jelas Airlangga.

Untuk vaksinasi dosis kedua, ada 4 provinsi yang sudah mengakselerasi vaksin di atas rata-rata nasional, yakni Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, dan Jambi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun 23 provinsi lainnya masih di bawah rata-rata nasional, yakni hanya 32,67 persen.

Airlangga menjelaskan, PPKM di luar Pulau Jawa-Bali tetap berlangsung sampai tanggal 8 November 2021.

Baca juga: Syarat Nonton Superbike: Sudah Vaksin Dosis Lengkap

Berdasarkan asesmen mingguan, tidak ada lagi provinsi di level 4, namun ada satu provinsi dengan level asesmen III, yakni Kalimantan Utara.

Sebanyak 23 provinsi lainnya di level 2, dan 3 provinsi di level 1.

"Yang kita berlakukan masih sama seperti yang diberlakukan karena periode ini adalah evaluasi dan berlaku sampai 8 November. di luar Jawa Bali, seluruh kegiatan masih sesuai Inmendagri yaitu maksimal (pembukaan mall/toko) sampai jam 9 malam, tidak ada perubahan," pungkas Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.