Kompas.com - 26/10/2021, 08:48 WIB
Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek tabrakan di rel di atas ruas Tol Jagorawi KM 12/600, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMADKereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek tabrakan di rel di atas ruas Tol Jagorawi KM 12/600, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021).


JAKARTA, KOMPAS.com – LRT Jabodebek kapan beroperasi? LRT Jabodebek kapan selesai? Pertanyaan semacam ini kembali bermunculan usai LRT Jabodebek mengalami tabrakan pada Senin (25/10/2021).

Saat ini, LRT Jabodebek belum beroperasi untuk masyarakat umum. Artinya, proyek LRT Jabodebek sampai sekarang belum sepenuhnya selesai alias belum rampung 100 persen.

Adapun tabrakan LRT Jabodebek pada Senin, 25 Oktober 2021, pukul 13.00 WIB tersebut terjadi ketika uji coba, bukan saat mengangkut penumpang.

Baca juga: LRT Tabrakan, Dirut INKA Minta Maaf ke Luhut hingga Erick Thohir

Tabrakan tersebut melibatkan 2 rangkaian kereta LRT di antara petak Stasiun Harjamukti – Stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek.

“Ini merupakan bagian dari uji coba dan di ruas ini belum ada operasional LRT,” ujar SM PKBL, CSR & Relationship PT INKA Bambang Ramadhiarto dalam keterangan resminya, Senin (25/10/2021).

Kronologi tabrakan LRT Jabodebek bermula saat satu rangkaian kereta akan langsir menabrak rangkaian yang sedang stabling. Kereta dalam kondisi tidak berpenumpang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam peristiwa ini terdapat satu korban luka ringan yaitu masinis PT INKA dan saat ini masih dirawat di RS. Adapun untuk penyebab kecelakaan masih dilakukan investigasi dari tim PT INKA.

Baca juga: Proyek LRT Molor Bikin Biaya Bengkak, KAI Bakal Dapat PNM Rp 2,7 Triliun

Jadwal operasi dan progres LRT Jabodebek

Kapan operasional LRT Cibubur? Pertanyaan tersebut juga kerap muncul berkaitan dengan rencana operasional LRT Jabodebek yang melintasi rute Cibubur.

LRT Jabodebek sendiri ditargetkan beroperasi pada pertengahan tahun 2022 mendatang untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Ini sekaligus menjawab pertanyaan mengenai kapan LRT Jabodebek beroperasi yang kerap mencuat di kalangan masyarakat sejak proyek tersebut mulai dikerjakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.