Pefindo Biro Kredit Akan Buka Akses Layanan ke Masyarakat dan Calon Debitur Perseorangan

Kompas.com - 26/10/2021, 15:03 WIB
Ilustrasi fintech nakal atau pinjaman online nakal ShutterstockIlustrasi fintech nakal atau pinjaman online nakal

JAKARTA, KOMPAS.com - Pefindo Biro Kredit akan membuka layanan Business to Customer (B to C) yang memungkinkan masyarakat serta calon debitur bank mengecek kondisi keuangannya di Pefindo.

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit Yohanes Abimanyu menuturkan, selama ini perusahaan melayani untuk segmen korporasi. Dengan layanan baru ini, Pefindo Biro Kredit membuka akses masyarakat atau perorangan.

"Masyarakat perlu tahu bagaimana kondisi keuangannya. Apakah layak mendapatkan kredit atau tidak, bisa dicek di kami. Sekaligus bisa melihat apakah kondisi keuangannya sehat atau tidak," ujarnya saat berdiskusi dengan media, pekan lalu.

Baca juga: BTN Targetkan Kredit Tumbuh Double Digit pada 2022

Abimanyu menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan sejumlah persiapan sebelum layanan ini dirilis ke publik.

Namun, dia belum bersedia menyebutkan biaya yang harus dikeluarkan masyarakat ataupun calon debitur untuk bisa mengakses layanan ini.

Mengecek Data Kredit

Salah satu yang bisa dimanfaatkan masyarakat melalui layanan ini adalah mengecek apakah data calon debitur telah digunakan oleh orang lain ataukah tidak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini karena banyak kasus berupa data NIK seseorang digunakan oleh orang lain secara tidak bertanggung jawab untuk mengajukan kredit. Kemudian dalam prosesnya, si peminjam tidak mengembalikan uangnya ke bank ataupun fintech.

Baca juga: Cara Mengajukan Kredit Sepeda Motor di BCA

"Akibatnya, NIK dari orang tersebut tercatat dalam SLIK OJK dan orang tersebut masuk dalam daftar hitam. Hal-hal seperti ini yang nanti bisa dicek di layanan yang akan kami buka ini," jelasnya.

Dalam proses penilaian kepada calon debitur, Pefindo Biro Kredit memanfaatkan big data. Di sini perusahaan mengumpulkan data nasabah dari berbagai platform dan layanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.