Kemenhub Pastikan Bandara Ilaga Papua Sudah Beroperasi Normal Setelah Kecelakaan Pesawat

Kompas.com - 26/10/2021, 16:08 WIB
Pesawat Smart Air kecelakaan di Bandara Ilaga Pesawat Smart Air kecelakaan di Bandara Ilaga

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan, Bandara Aminggaru Ilaga di Kabupaten Puncak, Papua sudah beroperasi normal pascakecelakaan pesawat milik PT Smart Cakrawala Aviasi.

Pesawat kargo tersebut gagal mendarat di Bandara Aminggaru Ilaga pada Senin (25/10/2021) pukul 07.25 WIT. Pesawat diketahui terbang dari bandara Timika.

"Operasional Bandara Aminggaru di Ilaga sudah kembali normal, setelah kejadian kecelakaan pesawat Cessna C 208 B Caravan PK-SNN yang tergelincir pada saat mendarat," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Kemenhub Minta INKA Lebih Hati-Hati Saat Uji Coba

Ia menjelaskan, pada saat landingposisi pesawat bermuatan kargo seberat 1.250 kilogram itu, menyentuh permukaan sebelum mencapai titik pendaratan landas pacu bandara (undershoot). Pesawat pun baru berhenti di area touchdown runway 25.

Akibat kecelakaan tersebut, pilot pesawat atas nama Capt. Rahayu Kuntardi meninggal dunia pada saat dievakuasi menuju rumah sakit.

Sementara Co-Pilot Egie Fistantyo mengalami luka-luka dan segera mendapatkan perawatan medis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami prihatin dan turut berbelasungkawa atas kejadian ini. Semoga keluarga korban diberikan ketabahan dan kesabaran," ungkap Novie.

Adapun Bandara Aminggaru Ilaga sementara ini beroperasi mulai pukul 06.00 WIT sampai pukul 12.30 WIT.

Baca juga: Naik Pesawat Wajib Tes PCR, Kemenhub: Tak Berlaku bagi Penerbangan ke Daerah Terpencil

Sementara terkait proses evakuasi dan proses investigasi terhadap kecelakaan pesawat tersebut, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X terus berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Basarnas, dan TNI/Polri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.