Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membayar Tagihan Shopee Paylater dan Batas Waktu Pembayarannya

Kompas.com - Diperbarui 30/03/2022, 21:28 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang sering berbelanja di marketplace Shopee, tentu sudah tak asing lagi dengan metode pembayaran Shopee PayLater atau SPayLater. Laiknya kartu kredit, mereka yang menggunakan fitur ini akan diberikan tagihan. Cara membayar tagihan Shopee PayLater juga cukup mudah.

Shopee PayLater sendiri merupakan produk pinjaman atau cicilan yang disediakan oleh Shopee Indonesia untuk membantu pembeli yang belum memiliki biaya, namun membutuhkan suatu barang yang dijual di e-commerce tersebut.

Cara membayar tagihan Shopee PayLater juga bisa dilakukan melalui online. Layanan Shopee PayLater disediakan PT Commerce Finance dan perusahaan jasa keuangan lainnya yang bekerja sama untuk memberikan pinjaman bagi pembeli yang berbelanja di Shopee. 

Sebagaimana aplikasi pinjaman online yang terdaftar resmi, PT Commerce Finance diketahui telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Mengenal PayLater Online Shop yang Jadi Pesaing Kartu Kredit

Konsumen yang melakukan pinjaman harus mengembalikan dana yang dipinjam sesuai cicilan dan jangka waktu yang dipilih. Pilihan cicilan Shopee PayLater yang tersedia yakni tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan.

Cara membayar tagihan Shopee PayLater

Bagaimana cara membayar tagihan Shopee PayLater dan kapan bayar tagihan Shopee PayLater?

Tagihan ShopeePaylater wajib dibayar sebelum tanggal jatuh tempo agar pembeli yang meminjam dana tidak dikenai denda keterlambatan. 

Jatuh tempo di sini sesuai dengan masa pinjaman yang dipilih sebelumnya, yakni periode 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. 

Batas pembayaran atau jatuh tempo tagihan Shopee PayLater adalah setiap tanggal 5 di bulan berikutnya setelah tagihan muncul.

Baca juga: Kartu Elit Hanya untuk Kalangan Tertentu, Apa Itu Black Card?

Berikut adalah cara membayar tagihan Shopee PayLater seperti dikutip dari laman resmi shopee.co.id:

  1. Klik Tab Saya
  2. Pilih SPayLater.
  3. Pada Tab Total tagihan bulan ini, Klik Bayar Sekarang
  4. Pada Halaman Jumlah yang harus dibayar, Klik Tagihan Bulan Depan
  5. Pada Tab Tagihan Bulan Depan, Klik Bayar Lebih Dulu.
  6. Pada halaman Jumlah yang harus dibayar, pilih Metode Pembayaran, dan klik Konfirmasi
  7. Anda hanya dapat melunasi tagihan yang jatuh tempo di 1 bulan berikutnya. Anda tidak dapat langsung melunasi semuanya sekaligus.
  8. Pilih metode pembayaran ShopeePay, Virtual Account, atau Indomaret. Pertama jika Anda memilih metode pembayaran ShopeePay atau Virtual Account, maka tagihan Anda akan otomatis lunas dalam waktu maks. 10 menit setelah pembayaran berhasil. Apabila Anda membayar menggunakan Virtual Account Bank Mandiri, pastikan Anda memilih Penyedia Jasa yang tepat, yaitu SPayLater. Sementara kedua, jika Anda memilih metode pembayaran Indomaret sebagai cara membayar tagihan Shopee PayLater, maka tagihan akan lunas setelah Anda selesai melakukan pembayaran di gerai Indomaret. Pastikan Anda klik Bayar pada halaman utama SPayLater saat Anda sudah berada di gerai Indomaret.
  9. Apabila pembayaran Anda berhasil terverifikasi, Anda akan mendapatkan notifikasi di bagian Keuangan bahwa pembayaran telah diterima dan limit SPayLater Anda akan segera kembali seperti semula.
  10. Mohon menunggu maks. 1x24 jam agar limit SPayLater kembali seperti semula. Namun, jika lebih dari 1x24 jam limit Anda belum berubah atau Anda masih ditagihkan pembayaran, hubungi Customer Service Shopee di sini agar bisa dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Cara membayar Shopee Paylater sebelum jatuh tempo

Pengguna juga bisa melakukan cara bayar Shopee Paylater sebelum jatuh tempo agar bisa menghindari lupa membayar tagihan tepat waktu. Dengan catatan, pesanan yang dibayar menggunakan Shopee Paylater sudah berstatus selesai.

Cara bayar Shopee Paylater sebelum jatuh tempo agak berbeda langkah-langkahnya dengan cara di atas. Adapun cara membayar Shopee Paylater sebelum periode tagihan sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Pilih menu Saya.
  3. Pilih SPayLater.
  4. Klik Jumlah yang harus dibayar.
  5. Pilih Tagihan Bulan Depan.
  6. Pilih Bayar lebih Dulu.
  7. Pilih metode pembayaran.
  8. Klik Konfirmasi.
  9. Lakukan pembayaran sesuai jumlah tagihan dan metode pembayaran yang sudah dipilih.

Simak cara membayar tagihan Shopee PayLater dan kapan bayar tagihan Shopee PayLater.Shutterstock Simak cara membayar tagihan Shopee PayLater dan kapan bayar tagihan Shopee PayLater.

Itulah langkah cara membayar tagihan Shopee PayLater yang bisa dilakukan melalui jaringan minimarket maupun transfer bank via virtual account. 

Baca juga: Jadi Kontroversi, Berapa Bunga Pinjaman Online?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com