Kinerja Moncer, Microsoft Hampir Menyalip Apple sebagai Perusahaan Paling Berharga

Kompas.com - 28/10/2021, 08:40 WIB
Microsoft IstMicrosoft

JAKARTA, KOMPAS.com - Lonjakan saham Microsoft Corp hampir menggeser posisi Apple Inc sebagai perusahaan paling berharga di dunia pada Rabu (27/10/2021), sehari sebelum pembuat iPhone tersebut melaporkan kinerja kuartalannya.

Hal itu dipicu oleh pertumbuhan kuartalan yang kuat dalam bisnis komputasi awan Azure, yang akhirnya membuat saham Microsoft melonjak 4,2 persen menjadi berakhir pada rekor di 323,17 dollar AS per saham.

Menurut data Refinitif, kenaikan saham itu meningkatkan kapitalisasi pasar Microsoft menjadi 2,426 triliun dollar AS, atau sedikit di bawah valuasi Apple yang sebesar 2,461 triliun dollar AS, menurut data Refinitiv.

Baca juga: Pegawai Microsoft Harus Sudah Vaksin Covid-19 untuk Kembali WFO

Pada saat yang sama, saham Apple memang turun 0,3 persen menjelang laporannya yang akan dirilis setelah bel perdagangan pada Kamis (28/10/2021).

Investor fokus pada bagaimana krisis rantai pasokan global menantang kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan iPhone-nya.

Saham Microsoft telah reli 45 persen sepanjang tahun ini, dengan permintaan yang disebabkan oleh pandemi untuk layanan berbasis cloud yang mendorong penjualan. Di sisi lain, saham Apple juga sudah menguat 12 persen pada tahun 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nilai pasar saham Apple berhasil menyalip Microsoft pada tahun 2010 silam karena iPhone menjadikannya perusahaan teknologi konsumen utama dunia.

Kedua perusahaan telah saling bergantian berada di posisi puncak sebagai perusahaan paling berharga di Wall Street dalam beberapa tahun terakhir. Sejak pertengahan 2020, Apple memenangi persaingan tersebut.

Baca juga: Saingi Apple, Kapitalisasi Pasar Microsoft Tembus Rp 28.800 Triliun

Dalam laporannya pada Selasa malam, Microsoft memperkirakan akhir kinerja yang kuat untuk tahun kalender 2021 berkat bisnis cloud yang berkembang pesat. Di sisi lain, perusahaan memperingatkan ketatnya rantai pasokan akan terus mengganggu unit-unit kunci, seperti laptop Surface dan konsol game Xbox.

Para analis memperkirakan Apple melaporkan pendapatan kuartal yang berakhir September 2021 dengan rata-rata kenaikan 31 persen menjadi 84,8 miliar dollar AS dan laba per saham yang disesuaikan sebesar 1,24 dollar AS per saham, menurut Refinitiv.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kinerja moncer, Microsoft hampir menyalip Apple sebagai perusahaan paling berharga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.