Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja Moncer, Microsoft Hampir Menyalip Apple sebagai Perusahaan Paling Berharga

Kompas.com - 28/10/2021, 08:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Lonjakan saham Microsoft Corp hampir menggeser posisi Apple Inc sebagai perusahaan paling berharga di dunia pada Rabu (27/10/2021), sehari sebelum pembuat iPhone tersebut melaporkan kinerja kuartalannya.

Hal itu dipicu oleh pertumbuhan kuartalan yang kuat dalam bisnis komputasi awan Azure, yang akhirnya membuat saham Microsoft melonjak 4,2 persen menjadi berakhir pada rekor di 323,17 dollar AS per saham.

Menurut data Refinitif, kenaikan saham itu meningkatkan kapitalisasi pasar Microsoft menjadi 2,426 triliun dollar AS, atau sedikit di bawah valuasi Apple yang sebesar 2,461 triliun dollar AS, menurut data Refinitiv.

Baca juga: Pegawai Microsoft Harus Sudah Vaksin Covid-19 untuk Kembali WFO

Pada saat yang sama, saham Apple memang turun 0,3 persen menjelang laporannya yang akan dirilis setelah bel perdagangan pada Kamis (28/10/2021).

Investor fokus pada bagaimana krisis rantai pasokan global menantang kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan iPhone-nya.

Saham Microsoft telah reli 45 persen sepanjang tahun ini, dengan permintaan yang disebabkan oleh pandemi untuk layanan berbasis cloud yang mendorong penjualan. Di sisi lain, saham Apple juga sudah menguat 12 persen pada tahun 2021.

Nilai pasar saham Apple berhasil menyalip Microsoft pada tahun 2010 silam karena iPhone menjadikannya perusahaan teknologi konsumen utama dunia.

Kedua perusahaan telah saling bergantian berada di posisi puncak sebagai perusahaan paling berharga di Wall Street dalam beberapa tahun terakhir. Sejak pertengahan 2020, Apple memenangi persaingan tersebut.

Baca juga: Saingi Apple, Kapitalisasi Pasar Microsoft Tembus Rp 28.800 Triliun

Dalam laporannya pada Selasa malam, Microsoft memperkirakan akhir kinerja yang kuat untuk tahun kalender 2021 berkat bisnis cloud yang berkembang pesat. Di sisi lain, perusahaan memperingatkan ketatnya rantai pasokan akan terus mengganggu unit-unit kunci, seperti laptop Surface dan konsol game Xbox.

Para analis memperkirakan Apple melaporkan pendapatan kuartal yang berakhir September 2021 dengan rata-rata kenaikan 31 persen menjadi 84,8 miliar dollar AS dan laba per saham yang disesuaikan sebesar 1,24 dollar AS per saham, menurut Refinitiv.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kinerja moncer, Microsoft hampir menyalip Apple sebagai perusahaan paling berharga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com