El Salvador Tambahkan 25 Juta Dollar AS Bitcoin ke Kas Negara

Kompas.com - 28/10/2021, 11:18 WIB
Ilustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency). Ilustrasi Bitcoin. SHUTTERSTOCK/CHINNAPONGIlustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency). Ilustrasi Bitcoin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden El Savador Nayib Bukele mengumumkan di media sosial bahwa negaranya memiliki 420 bitcoin pada Rabu (27/10/2021).

Hal itu dilakukan seiring dengan langkah negara Amerika Tengah itu melakukan eksperimen mata uang kripto yang menghebohkan dunia.

Pembelian bitcoin terakhir senilai hampir 25 juta dolar AS, menandai akuisisi uang kripto pertama oleh pemerintah negara tersebut sejak 20 September, ketika Bukele mengatakan telah membeli 150 bitcoin.

Naca juga: Portofolio Aset Kripto Elon Musk: Bitcoin, Ether, dan Dogecoin

"Itu adalah penantian yang lama, tetapi sepadan. Kami baru saja membeli saat turun! 420 Bitcoin baru," tulis Bukele dalam sebuah posting di Twitter dalam bahasa Inggris.

Mata uang kripto saat ini diperdagangkan di atas 59.000 dolar AS per Bitcoin.

Awal bulan lalu, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dollar AS. Menurut Bukele diadopsinya bitcoin akan menurunkan biaya pengiriman uang dari migran Salvador yang tinggal di luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bank tradisional dan lembaga keuangan lainnya biasanya membebankan biaya yang besar untuk memproses transfer uang.

Secara keseluruhan, kementerian keuangan El Salvador memegang 1.120 bitcoin, menurut data resmi, senilai hampir 66 juta dolar AS.

Baca juga: Harga Bitcoin Terus Menguat, Kapitalisasi Kripto Tembus Rekor Baru

Ekonomi negara miskin itu sangat bergantung pada sekitar 6 miliar dolar AS kiriman uang warganya ke negara tersebut setiap tahun, atau sekitar seperempat dari produk domestik bruto, dengan sekitar seperlima rumah tangga bergantung pada pemasukan uang tunai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.