Kompas.com - 28/10/2021, 13:20 WIB
Berapa harga Instagram Ads atau harga iklan di Instagram? businessinsider.comBerapa harga Instagram Ads atau harga iklan di Instagram?

KOMPAS.com - Instagram adalah salah satu media sosial paling populer saat ini. Karena diakses jutaan orang di Indonesia, Instagram juga jadi media promosi yang cukup efektif. Lalu berapa harga iklan di Instragram Ads (berapa harga Instagram Ads)?

Harga iklan di Instagram sendiri bervariasi sesuai dengan tipe iklan yang dipilih. Tipe iklan inilah yang kemudian mempengaruhi berapa biaya yang harus dibayarkan ke perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Jenis iklan yang bisa dipilih di Instagram juga bisa menyesuaikan dengan budget iklan yang ditetapkan. Nantinya, besaran uang yang dikeluarkan ini akan mempengaruhi jangkauan iklan dan masa penayangannya.

Berapa harga Instagram Ads

Dikutip dari Web FX, harga Instagram Ads bergantung pada model iklan yang secara umum terbagi menjadi dua, yakni biaya per klik atau cost-per-click (CPC) dan atau biaya per tayang cost-per-impressions (CPM).

Baca juga: Simak Biaya Rontgen di Berbagai RS di Indonesia

Skema CPC dan CPM ini pula yang digunakan dalam penentuan berapa yang harus dibayar apabila beriklan di Facebook dan media sosial lainnya. 

Rata-rata, pengiklan membayar 0,20 dollar AS atau Rp 2.840 (kurs Rp 14.200) hingga 2 dollar AS atau Rp 28.000 per klik untuk iklan CPC. Sementara, untuk iklan CPM, harga Instagram Ads berkisar 6,70 dollar AS atau Rp 95.190 per 1.000 tayangan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun sebenarnya, perhitungan berapa yang harus dibayar pengiklan kepada Instagram tak sesederhana itu. Ada beberapa faktor lain dalam penentuan harga iklan di Instagram.

Berapa harga Instagram Ads atau harga iklan di InstagramIst Berapa harga Instagram Ads atau harga iklan di Instagram

Faktor penentu biaya iklan

1. Jumlah penawaran (bid amount)

Jumlah penawaran dalam Instagram Ads artinya semakin besar biaya yang dianggarkan, maka semakin besar pula distribusi penayangan iklan yang dilakukan oleh Instagram. 

Sederhananya, harga yang akan pengiklan bayarkan tergantung pada seberapa jauh jangkauan iklan dan seberapa banyak iklan yang mendapatkan exposure. Semakin berhasil iklan, akan semakin rendah pula harga bidding-nya. 

2. Skor relevansi iklan (ad relevancy score)

Berapa harga Instagram Ads juga sangat bergantung pada relevansi. Jika orang menanggapi secara positif iklan Anda, skor relevansi Anda otomatis akan meningkat. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.