Garuda Bantah Dirutnya Liburan Keluarga ke AS Pakai Fasilitas Kantor

Kompas.com - 28/10/2021, 14:41 WIB
Irfan Setiaputra, Dirut Garuda Indonesia VIA sigfox.idIrfan Setiaputra, Dirut Garuda Indonesia

KOMPAS.com - Sejumlah pekerja yang tergabung dalam Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) melaporkan Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra, ke Menteri BUMN Erick Thohir. 

Serikat karyawan BUMN penerbangan ini menuding Irfan Setiaputra menggunakan fasilitas perusahaan untuk berlibur bersama keluarganya ke Amerika Serikat dan Eropa. 

Awalnya, Sekarga mendapat informasi adanya penerbitan Kartu Member Garuda Indonesia yaitu GA Miles Platinum VIP terhadap 4 orang keluarga Dirut Garuda yakni anak, menantu, dan cucu.

Mengetahui hal itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Sekarga Dwi Yulianta lalu membuat surat permohonan kepada Menteri BUMN Erick Thohir untuk menginvestigasi. 

Baca juga: Andai Bangkrut, Posisi Garuda Digantikan Pelita Air Milik Pertamina

Irfan Setiaputra disebut berangkat bersama keluarga (istri, anak, menantu dan 2 orang cucu) menggunakan rute penerbangan semula Jakarta - New York via Amsterdam tanggal 30 September 2021 dengan nomor penerbangan GA088.

Tiket tersebut kemudian diubah menjadi Jakarta - New York via Incheon/Seoul tanggal 30 September 2021 dengan nomor penerbangan GA878 menggunakan fasilitas kelas bisnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Irfan Setiaputra dan keluarga kembali pada tanggal 16 Oktober 2021 dengan rute Amsterdam - Jakarta dengan GA089 menggunakan fasilitas kelas bisnis.

Kata Dwi, perilaku Dirut Garuda tak sesuai dengan prinsip good corporate governance (GCG) dan core value AKHLAK yang digaungkan oleh Kementerian BUMN.

Baca juga: Daftar 11 Maskapai Penerbangan RI yang Bangkrut, Garuda Menyusul?

Terlebih, lanjut dia, kondisi perusahaan tengah dalam masa sulit karena lilitan utang dan gugatan dari para lessor dan kreditur. Perusahaan bahkan tengah di ambang kebangkrutan. 

"Kami berpendapat seharusnya seorang dirut lebih memprioritaskan perhatiannya terhadap kondisi Garuda Indonesia saat ini, karena undangan tersebut biasanya didelegasikan kepada salah satu manager, senior manager, atau vice president oleh direktur utama sebelumnya," ucap Dwi dalam surat. 

Halaman:


Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.