Kompas.com - 28/10/2021, 14:48 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menghadiri St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) di Rusia. Dok. Kementerian PerdaganganMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menghadiri St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) di Rusia.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi membeberkan ada tiga tantangan yang kerap dihadapi UMKM di Tanah Air.

Tantangan pertama adalah kurangnya pengalaman.

"Karena minimnya pengalaman UMKM kita, ini yang membuat UMKM kita justru sulit untuk beradaptasi khususnya terhadap perkembangan,” ujar Lutfi dalam penandatangan Nota Kesepahamaman antara Kemenkop UKM, Kemendag dengan PT Ina Product secara virtual, Kamis (10/27/2021).

Baca juga: UMKM Mau Tingkatkan Penjualan? Coba Strategi Omnichannel

Kemudian, tantangan yang kedua adalah kurangnya jaringan atau networking yang menyebabkan para UMKM sulit berkompetisi. Sementara tantangan yang ketiga adalah kurangnya pendanaan.

“Tantangan-tantangan inilah yang menyebabkan UMKM kita belum mempunyai daya saing yang baik,” ungkap Mendag.

Oleh sebab itu, kata Lutfi, sampai hari ini perjuangan UMKM belum selesai. UMKM harus dituntut untuk melakukan berbagai inisiatif agar bisa bertahan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apalagi, saat ini jumlah eksportir dari sektor UMKM sudah mencapai 85 persen dari total 15.000 eksportir.

Baca juga: Benarkah Inovasi Akan Meningkatkan Kinerja UMKM?

Angka tersebut hanya mencapai 5 persen dari total ekspor non-migas Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.