Kompas.com - 28/10/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi penggunaan internet. Dok. ShutterstockIlustrasi penggunaan internet.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda pengguna internet mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah "kuota unlimited FUP". FUP sendiri merupakan singkatan dari fair usage policy yang artinya adalah kebijakan batas pemakaian wajar.

Lantas, apa itu kuota unlimited FUP?

Jika merujuk penjelasan di atas, kuota unlimited FUP adalah kuota internet unlimited yang masih tetap diatur batas pemakaian wajarnya. Artinya jika Anda menggunakan internet melebihi batas FUP yang telah ditentukan suatu provider, maka kecepatan internet Anda akan otomatis menurun.

Baca juga: Rincian Harga Paket Internet Biznet, Mulai Rp 325.000 Per Bulan

Mengutip laman biznethome.net, setiap paket internet yang unlimited biasanya memiliki ketentuan FUP-nya masing-masing. Antara paket Internet yang satu dengan yang lainnya memiliki kebijakan FUP yang berbeda.

Antar provider pun juga memiliki batas pemakaian wajar yang tidak sama. Biasanya batas pemakaian wajar ini ada yang berlaku setiap hari maupun setiap bulan.

Sebagai gambaran, seorang pelanggan memakai paket internet berbasis waktu (unlimited) berkecepatan 7,5 megabytes per detik (Mbps) dengan FUP 300 GB. Jika seorang pelanggan FUP per hari mengakses internet dengan kapasitas 3 GB, maka paket internetnya akan "berumur" 100 hari dan melaju dengan kecepatan maksimal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, bila pelanggan itu per hari memakai internet 10 GB, maka paket FUP 300 GB-nya bisa dipakai selama 30 hari pada kecepatan maksimalnya. Nah, bila dalam sehari ada begitu banyak file harus ditransfer baik diunduh maupun diunggah sampai 100 GB, paket FUP tersebut hanya memadai untuk pemakaian tiga hari pada kecepatan maksimalnya.

Artinya, jika seseorang menggunakan internet melampaui batas FUP dalam paket yang dipilih, maka kecepatan internetnya otomatis akan menurun meskipun dalam keterangan paketnya memiliki jangka waktu yang masih panjang.

Baca juga: My Republic: Paket Internet, Cara Daftar dan Area Cakupannya

Tujuan FUP

Setelah Anda mengetahui apa itu kuota unlimited FUP, ada baiknya Anda juga mengetahui mengapa para provide menerapkan kebijakan FUP untuk paket internet yang ditawarkan kepada para pelanggannya.

Sebenarnya FUP bertujuan untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya yang sama antara pengguna yang satu dengan yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.