Kompas.com - 28/10/2021, 15:10 WIB
Cara Download Sertifikat SKD CPNS 2021 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Download Sertifikat SKD CPNS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan seleksi kompetensi bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) non-guru yang berlangsung di luar negeri berakhir Kamis (28/10/2021).

Sebanyak 473 peserta dari 73 instansi yang dilamar mengikuti ujian seleksi kompetensi di luar negeri. Namun, terdapat beberapa peserta yang dijadwal ulang untuk mengikuti ujian tersebut karena dikonfirmasi positif Covid-19.

"Hari Sumpah Pemuda ini sekaligus hari terakhir pelaksanaan seleksi CASN di tilok LN, berlangsung hingga dini hari nanti sesua zona. Dan bagi mereka yang baru akan tes pada 31 Oktober karena Covid-19 serta peserta Kumham yang masih menunggu jadwal SKD, tetap fokus belajar dan optimis. Semangat," sebut Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan dalam akun Twitternya @abiridwan2173 hari ini.

Baca juga: Siap-siap Tes SKB CPNS 2021, BKN: Kemungkinan Tidak Akan Ada Lagi Ujian Susulan

Dengan berakhirnya pelaksanaan SKD di luar negeri maka para peserta yang lolos nantinya akan berlanjut ke tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB). Pengumumam hasil SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK Non-Guru akan dilakukan mulai 29 Oktober sampai dengan 14 November 2021.

Kemudian, pada 15 November-18 Desember akan dimulai babak pelaksanaan SKB.

Nah bagaimana petunjuk tentang pelaksanaan SKB itu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan tayangan video dari akun Instagram resmi BKN dipaparkan petunjuk mengenai SKB yakni:

- Ketahui dulu jabatan yang dilamar berkategori jabatan fungsional atau jabatan pelaksana.

- Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional.

- Materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait. Contoh, Jabatan Pengolah Bahan Informasi dan Publikasi bisa mempelajari materi Jabatan Pranata Humas.

- Selain materi SKB dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT), ada materi lainnya yang diujikan, seperti psikotes, tes potensi akademik, tes kemampuan bahasa asing, tes kesehatan jiwa, tes kesegaran jasmani/tes kesamaptaan, tes praktik kerja. Kemudian ada uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi, wawancara, dan tes lain sesuai persyaratan jabatan.

- Selain melaksanakan ujian dengan sistem CAT, untuk instansi pusat dapat melakukan satu tes tambahan dengan jenis lain setelah mendapat persetujuan dari menteri.

Baca juga: Cek Lagi Jadwal Pengumuman SKD dan SKB CPNS 2021 di Sini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.