Ada Paylater Bisnis, UMKM Kini Bisa Pinjam hingga Rp 500 Juta di Modalku

Kompas.com - 28/10/2021, 16:07 WIB
Modalku adalah startup fintech yang memberi akses modal kepada UKM. KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SetiyawanModalku adalah startup fintech yang memberi akses modal kepada UKM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Modalku, platform pendanaan digital memiliki produk terbaru yakni fasilitas paylater Modalku Virtual Credit. Produk itu bertujuan membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang membutuhkan tambahan modal.

Head of Growth and Partnership Modalku Arthur Adisusanto menjelaskan, fasilitas paylater Modalku Virtual Credit dapat digunakan oleh UMKM individual maupun berbadan usaha, baik berbentuk PT maupun CV, untuk bisa mengelola dan mengontrol arus kas usaha dengan akses pinjaman yang mudah.

"Ini merupakan fasilitas paylater bisnis berupa layanan pinjaman bagi UMKM yang diberikan dalam bentuk limit kredit, yang dapat digunakan untuk bertransaksi di platform maupun suplier. Jadi UMKM punya virtual kredit sehingga bisa bertransaksi di mana pun dan bayarnya di kemudian hari," jelasnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Perbandingan Bunga PayLater Shopee, GoPay, dan Kredivo

Adapun limit kredit yang ditawarkan menyesuaikan dengan skala bisnisnya. Kategori UMKM individual bisa mendapatkan limit kredit hingga Rp 100 juta, sedangkan untuk UMKM berbadan usaha, limit kredit yang ditetapkan adalah hingga Rp 500 juta.

Fasilitas ini dapat diajukan UMKM tanpa perlu memiliki agunan. Sementara untuk biaya yang dikenakan yakni mulai dari 1 persen per transaksi dengan tenor pinjaman 15-60 hari.

Arthur mengatakan, pelaku UMKM dapat memilih tenor yang diinginkan saat mengajukan pinjaman. Ia bilang, ini untuk membantu pelaku UMKM menyesuaikan kemampuan membayar dengan arus kas (cashflow) yang dimiliki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk dapat menggunakan fasilitas paylater dari Modalku ini, pelaku UMKM hanya perlu memberikan dokumen berupa data KTP dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Selain itu, bagi UMKM berbadan usaha perlu menambah dokumen rekening koran dan izin usaha.

"Dengan proses persetujuan yang cepat, fasilitas ini dapat digunakan untuk menambah stok barang, mengembangkan usaha, serta kebutuhan mendesak para pelaku UMKM," kata Arthur.

Meski demikian, fasilitas pinjaman online ini hanya berlaku bagi pelaku UMKM individu dengan syarat telah menjalankan usahanya lebih dari 6 bulan. Sementara bagi UMKM berbadan usaha syaratnya sudah menjalankan usahanya lebih dari 1 tahun.

Selain itu, saat ini fasilitas Modalku Virtual Credit hanya bisa diakses oleh pelaku UMKM individu yang berdomisili di Jawa, Batam, Makassar, Medan, Palembang, dan Bali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
WORK SMART
Tim Virtual
Tim Virtual
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.