Kompas.com - 30/10/2021, 17:47 WIB
Ilustrasi saham, cara membeli saham (cara beli saham), berapa minimal pembelian saham? KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIIlustrasi saham, cara membeli saham (cara beli saham), berapa minimal pembelian saham?
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Capital gain adalah salah satu istilah yang wajib Anda pahami bila Anda berminat melakukan investasi, baik itu lewat instrumen saham, reksa dana, atau instrumen investasi lain.

Arti capital gain yakni bisa dikatakan sebagai keuntungan yang dicari investor ketika melakukan investasi. Secara sederhana, capital gain adalah kenaikan dari nilai aset yang terealisasi ketika aset tersebut dijual.

Dilansir dari Investopedia, capital gain terjadi ketika investir melakukan penjualan saham atau jenis aset lain dengan harga yang lebih tinggi ketimbang harga pembelian.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai pengertian capital gain, jenis capital gain, dan cara menghitung capital gain, simak penjelasan dalam artikel berikut.

Baca juga: Pengertian ETF: Keuntungan, Kekurangan, dan Contohnya

Pengertian Capital Gain

Pengertian capital gain yakni keuntungan yang didapat investor dari selisih harga penjualan dikurangi harga beli saham.

Seorang investor bisa dikatakan mendapatkan capital gain setelah ia menjual aset yang ia miliki. Namun, ketika aset tersebut belum dijual, meski harga portofolio mengalami peningkatan, belum bisa dikatakan investor tersebut mendapatkan capital gain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, ketika harga jual lebih rendah dari harga beli, maka seorang investor mengalami capital loss, atau kebalikan dari capital gain.

Untuk diketahui, capital gain ini berbeda dengan dividen, meski keduanya adalah keuntungan yang didapatkan investor dari perdagangan saham.

Ketika seorang investor melakukan take profit atau mengambil keuntungan lewat penjualan saham setelah melalui harga tertentu, ia akan mendapatkan capital gain.

Kenaikan harga saham tersebut terjadi karena beberapa faktor, misalnya saja perusahaan yang sahamnya dibeli mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu.

Baca juga: Apa Itu Blue Chip, Middle Cap, dan Small Cap Dalam Investasi Saham?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.