Mengalami Gejala Ini? Tanda Kamu Butuh Konsultan Keuangan

Kompas.com - 01/11/2021, 15:18 WIB
Ilustrasi PEXELS/ENERGEPIC.COMIlustrasi

KOMPAS.com - Semua orang ingin memiliki kondisi keuangan yang sehat, mungkin juga termasuk kamu. Agar terwujud, butuh perencanaan keuangan baik sejak dini.

Tujuan lainnya, bisa mengumpulkan banyak uang sehingga dapat mencapai tujuan keuangan hingga masa pensiun nanti.

Faktanya, merencanakan keuangan maupun mengatur keuangan bukan hal mudah. Maksud hati ingin berhemat, malah ujung-ujungnya keuangan jebol atau justru terlalu boros dalam menggunakan uang.

Sebenarnya dalam mengatur atau mengelola keuangan, kamu dapat menggunakan jasa pihak ketiga. Dalam hal ini, penasihat keuangan atau yang biasa disebut konsultan keuangan.

Berikut tanda-tanda kamu butuh konsultan keuangan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Sering kehabisan uang sebelum waktunya

Kehabisan uang sebelum waktunya menjadi problem keuangan banyak orang. Bukan karena tidak bekerja atau gaji kekecilan, tetapi karena ketidakmampuan mengelola keuangan yang membuat uang selalu habis.

Misalnya, bujet nongkrong sudah ditetapkan Rp 500 ribu per bulan. Namun karena pada bulan itu banyak hari libur, keinginan nongkrong tidak bisa terkontrol, bujet tersebut membengkak jadi Rp 800.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kalau begini terus, lama-lama bisa boncos. Keuangan pribadi kamu bisa dalam masalah besar, bahkan kemungkinan mengalami krisis.

Gunakan jasa konsultan keuangan atau penasihat keuangan. Konsultasikan bagaimana cara menahan nafsu untuk mengeluarkan uang secara berlebihan, sehingga uang bukan hanya cukup buat sebulan, tetapi juga untuk masa depan.

2. Tidak taat pada anggaran belanja

Beberapa dari kamu mungkin sudah bersusah payah membuat anggaran belanja, tapi tidak pernah disiplin pada rencana tersebut. Pengeluaran yang terjadi seringkali di luar rencana.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.