Indonesia Bakal Gelar National Day di Expo 2020 Dubai

Kompas.com - 01/11/2021, 17:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan Indonesia akan menggelar National Day di perhelatan internasional Expo 2020 Dubai.

Acara yang diselenggarakan pada 4 November 2021 di Al Wasl Plaza, Dubai, Uni Emirat Arabitu akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Kehadiran Presiden Jokowi bersama dengan beberapa menteri terkait di ajang National Day sekaligus menjadi komitmen nyata pemerintah dalam menjaga hubungan baik dengan Uni Emirat Arab (UEA) sebagai penyelenggara Expo 2020 Dubai dan mitra penting Indonesia di Timur Tengah,"  ujar Mendag Lutfi dalam siaran resminya, dikutip Kompas.com, Senin (1/11/2021).

Selain itu, kunjungan Presiden sekaligus meneruskan diplomasi hubungan bilateral dalam Perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUEA-CEPA).

Baca juga: Stafsus Menteri BUMN: Kami Dorong Supaya Mantan Komisaris-Direksi Garuda Diperiksa KPK

Nantinya Presiden RI akan ditemani oleh penguasa de facto Uni Emirat Arab, Pangeran Mohammed bin Zayed.

Bersamaan dengan itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan turut meluncurkan inisiatif bertajuk Indonesia Spice Up The World, untuk mengenalkan kekayaan rempah lokal ke dunia dan membuka peluang perdagangan hingga ke kancah global.

Sementara itu, mengusung konsep “Land of Diversity”, perayaan National Day Indonesia akan menggambarkan sejarah kekayaan budaya Tanah Air di masa lalu, seraya mengenalkan potensi dan peluang keterbukaan Indonesia kepada dunia saat ini, serta kesiapan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Semuanya dirangkum dalam pertunjukan seni dan budaya spektakuler yang dimeriahkan oleh para penampil Tanah Air, termasuk di antaranya penyanyi muda Tanah Air, Lyodra Ginting.

Mendag berharap, melalui National Day, perhatian dunia akan tertuju pada betapa kaya dan beragamnya potensi Tanah Air. Sehingga, hal tersebut, kata Mendag, membuka kesempatan lebih luas bagi banyak pihak untuk menjalin hubungan strategis dalam jangka panjang di sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Baca juga: Menkop UKM Dorong Kabupaten Buleleng Ekspor Buah-buahan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.