Menilik Potensi Kripto di Tanah Air Setelah Peluncuran IDM

Kompas.com - 01/11/2021, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aset kripto atau cryptocurrency tengah digandrungi banyak pihak di berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia.

Mengacu kepada data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag), jumlah pengguna kripto di Indonesia hingga Juli 2021 sudah mencapai 7,4 juta orang.

Angka tersebut tumbuh dua kali lipat dalam setahun, dengan nilai transaksi yang juga tercatat meningkat secara signifikan.

Baca juga: Daftar Negara yang Legalkan dan Larang Mata Uang Kripto

Ketua Umum Asosisasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) Teguh Kurniawan mengatakan, pertumbuhan tersebut masih berpotensi untuk terus berlanjut.

"Potensinya akan terus tumbuh dan berkembang, seiring dengan perkembangan crypto market secara menyeluruh," kata Teguh, dalam keterangannya, Senin (1/11/2021).

Besarnya potensi ini juga dibuktikan dengan semakin ramainya pemain atau developer lokal yang meluncurkan produk aset kripto.

IDM menjadi token kripto teranyar yang diluncurkan oleh developer lokal.

Adanya token ini diharapkan dapat membiayai sebuah proyek yang sudah disusun untuk dijalankan.

Baca juga: Bagaimana Aturan Perdagangan Mata Uang Kripto di Indonesia?

Teguh menyebutkan, studi sebuah konsultan mengungkapkan, 11 persen masyarakat Indonesia akan terhubung dengan industri kripto.

"Tidak ada yang spesifik, tapi kita harap dengan kenaikan jumlah yang adopsi investasi kripto 3 kali lipat, maka jumlah dari volume juga kurang lebih segitu ya," ujar dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.