Kompas.com - 01/11/2021, 20:29 WIB
Ratu Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti memuji Gojek ketika melakukan pidato di KTT G20  yang berlangsung di Roma, Italia. Ratu Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti memuji Gojek ketika melakukan pidato di KTT G20 yang berlangsung di Roma, Italia.
Penulis Mutia Fauzia
|


ROMA, KOMPAS.com - Ratu Belanda Maxima memuji Gojek di dalam pidatonya mengenai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 atau KTT G20.

Ratu Maxima mengatakan, Gojek telah berhasil membantu UMKM dengan memberikan akses terhadap pasar yang lebih luas melalui digitalisasi.

Ia menyebut Gojek sebagai salah satu contoh perusahaan yang berhasil dalam membantu UMKM untuk mendapatkan akses terhadap infrastruktur dan pasar yang lebih besar.

"Salah satu contoh paling insipratif yang saya lihat ada di Indonesia, yang disebut dengan Gojek," ujar Ratu Belanda dikutip dari pidatonya melalui Youtube UNSGSA, Senin (1/11/2021).

Mulanya, ia mengatakan, UMKM memiliki peran penting dan selama ini telah membantu jutaan keluarga di dunia mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Sri Mulyani Hadiri Pertemuan Jelang KTT G20, Apa Saja yang Dibahas?

Ia mengatakan, sebanyak dua pertiga dari pendapatan nasional di dunia berasal dari UMKM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, hampir lebih dari separuh penyerapan tenaga kerja juga dilakukan oleh UMKM.

Namun demikian, sekitar setengah dari UMKM tidak memiliki akses kredit, pasar, dan infrastruktur. Di sisi lain, UMKM juga merupakan sektor yang paling terdampak pandemi.

Di situlah peran penting digitalisasi, yakni membantu UMKM untuk bangkita dari pandemi Covid-19.

"Gojek adalah aplikasi transportasi online yang menggunakan sistem digitalnya untuk membantu bisnis ekcil mendigitalisasi manajemen invetaris, pemasaran, pembayaran, kredit, serta penjualan mereka," ujar Ratu Maxima.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.