Elon Musk Bakal Donasi Rp 85 Triliun untuk Perangi Kelaparan, asal...

Kompas.com - 02/11/2021, 16:18 WIB
CEO Tesla Elon Musk. AFP/Getty Images VIA CNBCCEO Tesla Elon Musk.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk menyatakan siap menyumbangkan hartanya sebesar 6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 85,2 triliun (kurs Rp 14.100) untuk membantu memerangi masalah kelaparan dunia.

Hal tersebut merupakan respons dari pemberitaan mengenai pernyataan Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP) Persekutuan Bangsa-bangsa (PBB) David Beasley yang menyatakan, sebesar 2 persen kekayaan orang terkaya di dunia bisa membantu menyelesaikan masalah kelaparan.

Dilansir dari CNBC, Selasa (2/11/2021), Elon Musk mengatakan, ia siap mencairkan sahamnya di Tesla sebesar dana yang disebutkan dengan satu syarat, yakni WFP memberikan rincian mengenai proses penyaluran bantuan kepada penduduk miskin yang mengalami masalah kelaparan.

Baca juga: Elon Musk Ingin Bangun Universitas, Bayar Kuliah Bisa Pakai Dogecoin

"Bila WFP berhasil menjelaskan utas Twitter mengenai bagaimana 6 miliar dollar AS bisa menyelesaikan masalah kelaparan dunia, saya akan menjual saham Tesla saat ini juga," ujar Elon Musk melalui akun Twitternya.

Pada tweet berikutnya, Musk mengatakan, PBB harus secara jelas membuka catatan keuangan kegiatannya sehingga masyarakat mengetahui bagaimana uang tersebut bakal digunakan.
Beasley pun beberapa saat kemudian membalas tweet Musk tersebut.

Ia mengatakan, pemberitaan media mengenai dana 6 miliar dollar AS bisa membantu mengentaskan masalah kelaparan dunia tak tepat. Namun, jumlah tersebut bisa mencegah terjadinya guncangan terhadap stabilitas geopolitik, migrasi masal, dan menyelamatkan 42 juta orang dari kelaparan.

"Dengan bantuan Anda, kita bisa membuat harapan, membangun stabilitas, dan mengubah masa depan," jelas Beasley.

Untuk diketahui, bila Musk benar-benar merealisasikan donasi sebesar 6 miliar dollar AS dari saham Tesla, hal itu akan menjadi donasi terbesar yang pernah ia lakukan.

Baca juga: Direktur Organisasi Pangan PBB Sebut 2 Persen Kekayaan Elon Musk Bisa Selesaikan Masalah Kelaparan Dunia

Elon Musk telah beberapa kali menerima kritik karena diketahui tak menyalurkan kekayaannya yang sangat besar untuk donasi.

Meski di sisi lain, ia mengatakan lebih memilih untuk melakukan donasi secara tertutup.

Pada awal tahun ini, Musk telah mencatatkan janji untuk melakukan donasi sebesar 150 juta dollar AS, termasuk di dalamnya dalam bentuk hibah kontes pengurangan karbon sebesar 100 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.