Apa Itu Prospektus Perusahaan? Berikut Pengertian dan Isinya

Kompas.com - 03/11/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi saham PEXELS/BURAK KIlustrasi saham
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Prospektus perusahaan adalah salah satu hal yang wajib dibaca dan dipertimbangkan seorang investor sebelum membeli saham sebuah emiten atau perusahaan tersebut.

Sebenarnya, apa itu prospektus?

Prospektus adalah dokumen yang wajib diserahkan kepada bursa, dalam hal ini PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sebelum perusahaan melakukan penawaran umum perdana atau IPO.

Dilansir dari Investopedia, prospektus berisi mengenai informasi detil terkait penawaran investasi kepada publik. Biasanya, prospektus berisi tentang tujuan investasi, strategi, kinerja perusahaan, manajemen, dan hal lain terkait perusahaan.

Di sisi lain, risiko investasi juga diungkapkan pada prospektus tersebut.

Prospektus tak hanya diterbitkan untuk penjualan saham sebuah perusahaan saja, tetapi juga untuk instrumen investasi lain seperti reksa dana dan obligasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apa Itu Emiten?

Pengertian Prospektus

Setiap perusahaan yang akan menawarkan saham atau obligasi yang akan dijual ke publik harus mengajukan prospektus kepada pihak bursa.

Prospektus yang harus diajukan oleh perusahaan tersebut terdiri atas prospektus awal, prospektus ringkas, dan prospektus akhir.

Prospektus adalah gabungan antara profil perusahaan dan laporan keuangan tahunan.

Sehingga, sebelum seorang investor membeli saham atau obligasi dari sebuah perusahaan, ia memiliki gambaran mengenai perusahaan apa yang sahamnya akan ia beli.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.