Menkop Teten Targetkan Jumlah Wirausaha Indonesia Capai 3,9 Persen di Tahun 2024

Kompas.com - 03/11/2021, 18:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, selama menjabat posisi saat ini, dia memiliki target jangka panjang untuk menaikkan persentase kewirausahaan Indonesia.

Dia bilang, meskipun sekarang ada 65 juta pelaku UMKM, tetapi yang sudah tergolong dalam usaha yang skala ekonomi dan wirausaha baru sekitar 3,47 persen.

"Saya punya target besar untuk menaikkan persentase kewirausahaan kita. Persentase kewirausahaan kita baru sekitar 3,47 persen," ujar Teten dalam diskusi #CHATROOM bersama CNN yang disiarkan di Instagram, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Cerita Pelaku UMKM Raup Omzet Rp 30 Juta Per Bulan Setelah Jadi Mitra Tokopedia

Dia menyebutkan, jika dibandingkan dengan Singapura yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 5 juta, jumlah kewirausahaanya sudah mencapai 8,5 persen.

"Malaysia dan Thailand itu kan sudah 4,5 persen dan untuk menjadi negara maju itu kan minimum 4 persen persentase kewirausahaanya," kata Teten.

"Ini yang mau kita tambah, sehingga tahun 2024 kita naikan 3,9 persen. Ini target besar," sambung dia.

Teten menambahkan, sejauh ini pihaknya juga sudah menyiapkan Perpres Kewirausahaan.

Lewat Perpres tersebut, wirausaha yang eksisting dan yang berkualitas akan dimasukan ke inkubator bisnis untuk dikembangkan agar menjadi naik kelas.

Baca juga: Lewat Aplikasi Ini, Pelaku UMKM Bisa Jalankan Bisnis Logistik

"Ditargetkan yang naik kelas kira-kira 3,95 persen di tahun 2024. Kalau bisa 4 persen juga lebih bagus," ucap Teten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.