Kata Garuda Indonesia Soal Harga Sewa Pesawat yang Kemahalan

Kompas.com - 04/11/2021, 19:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk buka suara soal terkait persoalan harga sewa pesawat yang kemahalan.

Persoalan ini turut menjadi perhatian Bursa Efek Indonesia (BEI) yang meminta keterangan dari perseroan.

VP Corporate Secretary & Investor Relations Garuda Indonesia Mitra Pirant menjelaskan, harga sewa pesawat perseroan pada dasarnya mengikuti nilai sewa yang berlaku di tahun saat pesawat tersebut diakuisisi.

Baca juga: Stafsus Menteri BUMN: Kami Dorong supaya Mantan Komisaris-Direksi Garuda Diperiksa KPK

Nilai itu turut mempertimbangkan jangka waktu sewa, tahun pembuatan, dan konfigurasi pesawat.

"Sehingga apabila harga sewa pesawat perseroan dibandingkan dengan harga sewa yang berlaku di pasar atau market saat ini, pasti akan lebih tinggi untuk faktor pembanding yang sama," ujar Mitra dalam keterbukaan kepada BEI yang dikutip Kompas.com pada Kamis (4/11/2021).

Selain itu, menurut Mitra, harga sewa di pasar pada dasarnya akan menurun di antaranya seiring bertambahnya usia pesawat, kondisi pasar, dan kondisi teknis pesawat tersebut.

Ia bilang, saat ini Garuda Indonesia sedang melakukan renegosiasi sewa pesawat kepada lessor sebagai bagian dari upaya restrukturisasi perseroan.

Termasuk menjajaki kemungkinan opsi skema sewa pesawat yang lebih ekonomis dengan memperhatikan kondisi referensi pasar.

Baca juga: Peter Gontha Ungkit Sewa Pesawat Garuda Kemahalan, Kementerian BUMN: Beliau Ikut Tanda Tangan

Selain itu, BEI juga menyoroti pesawat Garuda Indonesia jenis apa saja yang memiliki biaya sewa lebih tinggi dari harga normal, serta upaya negosisasi dengan lessor terkaiit pesawat tersebut.

Terkait hal itu, Mitra mengatakan, pesawat yang dimiliki perseroan spesifikasinya disesuaikan dengan perencanaan saat pesawat diakuisisi, yang diharapkan dapat mendorong peningkatan standar pelayanan dalam kaitan dengan pemenuhan standar full-service pada lingkup global.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.