Muhamad Rifki Maulana

Ekonom Yunior Bank Indonesia Kalimantan Timur

Jamu Kuat untuk UMKM Itu Bernama RPIM

Kompas.com - 05/11/2021, 12:10 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman, umkm adalah, apa itu umkm, kepanjangan umkm, arti umkm, contoh umkm, singkatan umkm, pengertian umkm, umkm artinya Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman, umkm adalah, apa itu umkm, kepanjangan umkm, arti umkm, contoh umkm, singkatan umkm, pengertian umkm, umkm artinya

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan jamu, dari orang tua hingga balita, dari Sabang hingga Merauke pasti pernah meminumnya.

Pengertian jamu sendiri dalam PERMENKES adalah obat tradisional Indonesia berupa bahan atau ramuan yang berasal dari tumbuhan/hewan/mineral atau campuran lainnya yang digunakan untuk pengobatan.

Di era pandemi ini, konsumsi jamu semakin marak karena upaya masyarakat untuk meningkatkan imunitasnya agar lebih berdaya tahan.

Dalam konteks perekonomian, daya tahan UMKM Indonesia juga perlu diberikan stimulus, terlebih pasca-hantaman COVID-19 di tahun 2020 dan juga kaitannya dalam menjaga “stamina” UMKM untuk terus melaju di jangka panjang.

Baca juga: BI Proyeksikan Kinerja Penjualan Ritel Membaik Bertahap

Peran Pembiayaan UMKM Bagi Perekonomian Indonesia

Berdasarkan survei terhadap ribuan UMKM yang dilakukan oleh Bank Indonesia, tercatat bahwa 87,5 persen UMKM terkena dampak negatif dari adanya COVID-19 dan mayoritas mengalami penurunan penjualan dari 26 persen hingga 50 persen dari kondisi normal.

Melemahnya kinerja UMKM tersebut secara langsung berdampak pada perekonomian nasional karena UMKM berkontribusi 97,05 persen terhadap penyerapan tenaga kerja Indonesia dan 55,6 persen terhadap PDB Nasional.

Tidak seperti pada Krisis Moneter 1997/1998 ataupun Krisis Keuangan Global 2008, Krisis Kesehatan pada 2020 ini cukup memukul sektor UMKM karena dibatasinya mobilitas masyarakat guna memutus rantai penyebaran COVID-19 yang berakibat kepada terganggunya aktivitas jual beli masyarakat.

Oleh karenanya, UMKM yang juga dikenal sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia ini perlu diperkuat agar senantiasa kokoh untuk mampu menggotong perekonomian Indonesia kembali ke level yang tinggi.

Salah satu ramuan jamu penting yang berkhasiat untuk itu adalah penguatan pembiayaan.

Pembiayaan adalah salah satu aspek fundamental untuk UMKM mampu naik kelas sehingga mampu memperluas rambatan dampak positif baik di sisi kontribusi terhadap perekonomian maupun terkait penyerapan ternaga kerja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.