Kompas.com - 07/11/2021, 09:50 WIB
Ilustrasi FREEPIK/PRESSFOTOIlustrasi

KOMPAS.com - Kamu pernah ditawari pekerjaan oleh teman, mantan atasan, headhunter, atau langsung dari HRD perusahaan? Pastinya senang karena tandanya mereka tertarik padamu.

Entah itu karena mereka sudah tahu kinerjamu, atau memang kepincut dengan profil dan pengalaman kamu di aplikasi LinkedIn. Ya, setidaknya kamu patut berbangga hati.

Di saat orang lain berjuang melamar kerja, pekerjaan yang justru datang kepadamu. Namun ketika mendapat tawaran pekerjaan inilah yang kerap membuat dilema.

Apalagi buat kamu yang lagi ‘sayang-sayang’-nya sama perusahaan. Tetapi bagi yang sudah muak dan ingin segera resign, tawaran tersebut menjadi sebuah kesempatan besar.

Meski demikian, tetap saja kamu harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini ketika mendapatkan tawaran pekerjaan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Gaji per bulan

Munafik bila bekerja tidak butuh uang, kecuali memang yang sudah terlahir kaya raya, bekerja hanya mencari status saja. Yang dilihat kebanyakan orang adalah gaji.

Maklum, hidup perlu duit. Tagihan dibayar pakai uang, bukan daun. Jadi, begitu ditawari pekerjaan di suatu perusahaan, kamu akan bertanya soal berapa gaji per bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika yang menawari adalah teman dekat, tidak ada salahnya bertanya langsung kepadanya soal gaji. Namun bila kamu ditawari pekerjaan oleh HRD perusahaan, headhunter, klien, atau mantan bos, tidak etis untuk menanyakan hal tersebut.

Cara terbaik adalah dengan mencari tahu di internet berapa rata-rata besaran gaji suatu posisi di perusahaan itu. Syukur-syukur ada info lain, seperti fasilitas yang diberikan, tunjangan, bonus, dan lainnya.

Jadi, pikirkan soal gaji dan hal di atas sebelum menerima tawaran pekerjaan tersebut. Mungkin biarpun gaji di kantormu yang sekarang kecil, namun untuk fasilitas dan bonus lebih memadai dibanding perusahaan baru.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.