Masuk Forbes 30 Under 30, Bernadus Wijaya dari Gagal Indonesia Idol hingga Jadi CEO

Kompas.com - 08/11/2021, 10:39 WIB
 Bernadus Wijaya
Instagram bernardwijaya17 Bernadus Wijaya

JAKARTA, KOMPAS.com – Bernadus Setya Ananda Wijaya atau yang akrab disapa Bernadus Wijaya yang kini cukup dikenal sebagai salah satu anak muda yang masuk dalam Forbes 30 Under 30 Asia 2021 di bidang Financial and Venture Capital pada Maret 2021.

Bernadus Wijaya menjadi CEO PT Sucor Sekuritas, sebelum pria ini genap berusia 30 tahun. Prestasi yang ditorehkan tentu bukan dari hasil instan, butuh kerja keras yang tentunya tidak mudah untuk dilalui.

“Kita jangan mimpi di siang bolong, cuma ingin gaji segini-gini aja, dapat uang jatuh dari langit, atau dapat dari orang tua lalu kita invetasikan dan langsung jadi konglomerat tiba-tiba. Kita harus kerja keras, memaksimalkan talenta, dan power kita,” kata Bernadus saat bercerita kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Pria kelahiran Sleman Yogyakarta yang kini berusia 30 tahun mengungkapkan, dirinya sempat memiliki banyak cita-cita di waktu kecil.

Baca juga: Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia, Ini Profil Maudy Ayunda

Dia sempat ingin menjadi penyanyi dan juga dokter. Keinginannya menjadi seorang penyanyi mendorongnya untuk ikut ajang pencarian bakat Indonesian Idol, meski tidak terpilih. Dia juga sempat mencoba peruntungan mendaftar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, namun tidak diterima.

Menapakkan kaki di Jakarta pada tahun 2013, Bernadus memulai karir di bidang yang sama sekali belum pernah ia tekuni, yakni di perusahaan finansial. Padahal, Bernadus menyandang gelar Bachelor of Science (B.Sc.) di bidang StudiChemical Engineering.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mengatakan, setelah ia lulus dari perguruan tinggi, mencari pekerjaan di bidang minyak dan gas cukup sulit. Sehingga ia mencoba peruntungan di salah satu perusahaan finansial Citibank Indonesia, dan memulai pengalaman baru di bagian custodian atau lebih spesifik di transfer agency unit.

“Saya saat itu ikut career fair, dan mencoba banyak perusahaan. Salah satunya adalah perbankan, dan kebetulan saya keterima sebagai Management Associate di Citibank Indonesia, dan aku ambil kesempatan itu,” kata dia.

Mengawali kariernya, Bernadus mulai mempelajari investasi pertama yang dilakukannya, yakni reksa dana. Bernadus mengungkapkan, saat itu hanya mengetahui tentang menabung di bank dan deposito, reksa dana adalah hal baru. Walau demikian, ia terus belajar tanpa kenal lelah.

Di reksa dana, Bernadus memulai investasi dari nominal Rp 1,5 juta, namun dia melakukannya setiap bulan selama 3 tahun (2013-2016). Siapa yang mengira, hasil dari reksa dana selama tiga tahun tersebut berhasil tumbuh 30-40 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.