BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

3 Keuntungan yang Didapat Saat Bertransaksi lewat Mobile Banking

Kompas.com - 08/11/2021, 16:40 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi digital berperan besar terhadap perubahan perilaku masyarakat. Salah satunya, aktivitas pembayaran secara online yang kini jadi tren.

Perubahan pola dan gaya hidup mendorong sektor perbankan untuk beradaptasi dengan menghadirkan mobile banking. Lewat fasilitas ini, masyarakat tak perlu repot saat harus bertransaksi.

Sebab, aktivitas perbankan, seperti cek saldo dan suku bunga, transfer, serta mutasi rekening, bisa dilakukan kapan dan dari mana saja melalui ponsel pintar.

Tak hanya itu, mobile banking juga memiliki sederet fitur lain untuk menunjang transaksi sehari-hari para nasabah, mulai dari bayar tagihan kartu kredit, listrik, telepon, air, hingga pembelian pulsa.

Dengan sederet keunggulan tersebut, tak heran, penggunaan mobile banking telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini.

Selain keunggulan teknis, masih banyak keuntungan lain dari penggunaan mobile banking.
Lalu, apa saja keuntungan tersebut? Simak ulasan berikut.

Hemat waktu

Sebelum ada mobile banking, transaksi perbankan dilakukan di kantor cabang dan gerai anjungan tunai mandiri (ATM). Untuk melakukannya, nasabah terkadang perlu menyiapkan waktu khusus, seperti datang pada pagi hari tidak mengantri terlalu lama.

Kini, nasabah tak perlu melakukan hal tersebut karena hampir semua aktivitas keuangan, kecuali penarikan tunai, dapat dilakukan hanya dengan bermodal smartphone dan jaringan internet saja.

Kehadiran mobile banking jadi alternatif bagi nasabah yang ingin bertransaksi tanpa perlu menghabiskan waktu.

Aman

Aplikasi mobile banking aman digunakan karena sudah dibekali sistem keamanan mutakhir, seperti one-time password, PIN, dan kode akses. Transaksi keuangan pun baru bisa dijalankan bila telah diotorisasi oleh nasabah melalui hal tersebut.

Oleh karena itu, pengguna diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan informasi pemilik akun agar akun mobile banking yang dimiliki tetap aman. Selain itu, pengguna juga disarankan untuk mengganti kode keamanan secara berkala.

Praktis

Layanan mobile banking memiliki fleksibilitas tinggi karena tidak terdapat batasan waktu. Anda tak perlu terpaku dengan operasional kantor cabang karena dapat mengakses layanan tersebut selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Selain itu, keberadaan mobile banking juga sudah dilengkapi dengan application programming interface (API) yang merupakan interface untuk menghubungkan aplikasi satu dengan aplikasi lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi selain aktivitas perbankan, mulai dari hiburan, belanja, dan liburan.

Beragam transaksi ini dapat dilakukan di BCA mobile milik Bank BCA. Pada fitur Lifestyle di aplikasi BCA mobile, Anda dapat memenuhi semua kebutuhan hiburan dan gaya hidup tanpa harus beranjak dari rumah.

Sebagai one stop payment solution, BCA mobile terus berupaya untuk bisa memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai pembelian.

Terbaru, Bank BCA menambahkan beberapa menu pada fitur Lifestyle di BCA mobile, seperti pembelian tiket tempat rekreasi, tiket event, tiket bioskop, voucher potongan harga pada merchant, pemberian donasi, dan zakat.

Cara gunakan Fitur Lifestyle

Untuk dapat menikmati layanan Fitur Lifestyle, nasabah cukup membuka aplikasi BCA mobile yang terdapat pada smartphone.

Pastikan terlebih dahulu Anda telah mengaktivasi layanan finansial yang ada pada aplikasi tersebut.

Kemudian, di halaman utama aplikasi tersebut, pilih menu m-BCA untuk dapat masuk ke menu selanjutnya.

Agar dapat mengakses layanan ini, Anda harus memasukkan kode akses yang terdiri dari kombinasi antara huruf dan angka.

Klik ikon Lifestyle pada halaman beranda BCA mobile dan pilih produk atau jasa yang terdapat di fitur tersebut, seperti belanja harian, tiket pesawat dan kereta, streaming voucher, event, donasi, atau lainnya. Setelah itu, lakukan pembayaran dan transaksi berhasil.

Semua kebutuhan tersebut kini bisa Anda dapatkan dalam satu aplikasi dan langsung dibayar tanpa perlu melakukan perpindahan aplikasi terlebih dahulu.

Semua fitur tersebut dihadirkan Bank BCA untuk memenuhi kebutuhan nasabah terhadap tren dan transaksi yang lebih cepat, aman, dan nyaman secara digital.

Apa pun kebutuhannya, #Dibikinsimpel pakai Fitur Lifestyle BCA mobile. Cari, Pesan, dan Bayar dengan satu aplikasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur BCA Lifestyle, silakan klik tautan berikut.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com