Menabung di Deposito hingga Investasi, Begini Cara Raditya Dika Mengelola Keuangan

Kompas.com - 08/11/2021, 20:26 WIB
Sutradara dan komika Raditya Dika Tangkapan layar YouTube PUELLA IDSutradara dan komika Raditya Dika
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Raditya Dika mengungkapkan, sebelum mulai berinvestasi, ia hanya menabung dari sumber pendapatan yang ia miliki. Hal itu dikarenakan dirinya fokus bekerja di masa awal ia membangun karir.

Melalui akun Youtube Ternak Uang, ia menjelaskan, deposito adalah pilihan awal ketika ia memulai untuk menabung. Hingga dalam beberapa waktu, ia terkejut saat menyadari saldonya sudah bertambah hingga mencapai Rp 1 miliar.

Ia pun mengaku tak mudah mengumpulkan dana sebanyak itu. Seperti diketahui, Raditya Dika memiliki beragam pekerjaan yang menjadi sumber pendapatannya, mulai dari content creator, komika, penulis, dan juga aktor.

"Deposito menjadi pilihan investasi awal gue karena paling aman, dilanjutkan ke reksadana saham, reksadana pasar uang, dan reksadana saham individual. Namun hingga kini, semua investasi itu berjalan semua bersama-sama,” ujar dia seperti dikutip dari keterangan tertulis Ternak Uang, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Kerugian akibat Investasi Bodong Ditaksir Capai Rp 117,4 Triliun

Seiring dengan bertambahnya usia, Raditya Dika pun mulai menyadari pentingnya manajemen atau mengelola keuangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengatakan, tujuan akhir dari mengelola keuangan dalam hidupnya yakni untuk membeli kebebasan di hari tua.

Dalam artian, ia ingin bisa memiliki waktu sebanyak-banyaknya semasa ia tua kelak. Untuk itu, ia melakukan pengelolaan keuangan untuk membabaskan waktu di masa tua.

Oleh karena itu, ia mulai memutar otak agar uang yang dimilikinya tetap 'bergerak'. Sejak awal bekerja, Radit mencari cara untuk memiliki beragam sumber pendapatan.

Sebagai seorang storyteller, Radit memiliki beberapa opsi usaha seperti menjadi penulis skenario hingga komika.

Radit juga mengandalkan sumber pendapatan pasif, seperti pemasukan yang didapat dari adsense kontennya di media sosial, royalti buku, dan komisi yang diterima melalui iklan, sponsorship, ataupun saat menjadi talent.

Baca juga: Tepat Mengelola Keuangan Jadi Kunci Usaha Cuan Terus dan Berjalan Lancar

Meski sumber pendapatannya beragam, ia mengaku tidak menyukai barang mewah, meskipun dirinya sanggup membeli barang tersebut.

“Gue ga terlalu suka membeli barang mewah. Jika pun ada, biasanya karena dibelikan oleh Annisa (istri Raditya Dika). Kalau gue pribadi tidak terlalu suka. Intinya, gue lebih suka kebersamaan,” ungkap Radit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.