Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per November, Penerima SK Kartu Prakerja Capai 12 Juta Peserta

Kompas.com - 08/11/2021, 20:39 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mencatat penerima SK peserta program Kartu Prakerja per awal November 2021 mencapai 12.007.516 orang dengan penerima efektif sebanyak 11.409.032 orang.

Dari angka itu, total 96,7 persen dari penerima efektif dinyatakan selesai pelatihan dan 99 persen di antara mereka yang menyelesaikan pelatihan telah mendapatkan insentif.

Sementara itu, sebanyak 49 persen dari 40 persen penerima Kartu Prakerja yang bekerja adalah wirausahawan.

Baca juga: Lolos Kartu Prakerja Gelombang 22? Segera Lakukan Hal Ini agar Tak Kena Blacklist!

Sedangkan, 14 persen dari 60 persen penerima Kartu Prakerja yang sebelumnya menganggur akhirnya bekerja sebagai entrepreuner atau pelaku wirausaha.

Data-data tersebut menunjukkan bahwa Program Kartu Prakerja terbukti menyiapkan penerimanya menjadi pelaku wirausaha.

"Hasil survei evaluasi pada penerima Kartu Prakerja mencatat bahwa 72 persen penerima Kartu Prakerja memanfaatkan insentif yang diterimanya sebagai modal usaha," ucap Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari melalui keterangan tertulis, Senin (8/11/2021).

Ia merinci, pemanfaatan insentif tersebut 79 persennya digunakan untuk membeli bahan produksi, 76 persen membeli barang untuk dijual kembali, 68 persen membeli alat produksi, 68 persen digunakan untuk membiayai operasional usaha, 64 persen untuk menambah jenis produk/jasa (diversifikasi), dan 58 persen dipakai untuk beralih menjual produk/jasa lain.

Baca juga: Kritik Bikin Program Kartu Prakerja Jadi Lebih Baik

Mantan Deputi Kepala Staf Kepresidenan 2015-2020 ini pun menyebutkan, jenis-jenis pelatihan dari 498 total pelatihan yang dihadirkan di ekosistem Kartu Prakerja.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 22. Jumlah kuota Kartu Prakerja gelombang 22 hanya 46.000. Sebab, kuota gelombang 22 ini berasal penerima yang status kepesertaannya dicabut, yakni dari gelombang 18-gelombang 21.

Dengan demikian, gelombang 22 bertujuan untuk memulihkan status kepesertaan dengan membuka penerima baru sebagai peserta. Begitu pun menjadi gelombang terakhir penerimaan Kartu Prakerja di tahun 2021 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com