Permintaan Masih Terbatas, Penjualan Eceran Menurun pada September 2021

Kompas.com - 09/11/2021, 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei penjualan eceran (SPE) Bank Indonesia (BI) menunjukan, kinerja penjualan eceran mengalami penurunan atau terkontraksi pada September 2021.

BI mencatat, indeks penjualan riil (IPR) pada September 2021 terkontraksi 1,5 persen secara bulanan (month to month/mtm) menjadi 189,5.

Penurunan tersebut utamanya disebabkan oleh kelompok suku cadang dan aksesori yang terkontraksi 6,3 persen, perlengkapan rumah tangga lainnya terkontraksi 7,8 persen, serta makanan, minuman, dan tembakau yang terkontraksi 1,7 persen.

Baca juga: BI: Tarif Transaksi Antarbank Masih Bisa Turun Lagi dari Rp 2.500

"Responden menyatakan penurunan tersebut disebabkan oleh permintaan masyarakat yang masih terbatas," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Selasa (9/11/2021).

Di sisi lain, kinerja penjualan eceran kelompok bahan bakar kendaraan bermotor tercatat meningkat pesat, yakni sebesar 19,6 persen secara mtm.

"Sejalan dengan membaiknya mobilitas seiring pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas di berbagai wilayah," kata Erwin.

Secara tahunan, kinerja penjualan eceran pada September 2021 mengalami kontraksi 2,2 persen (year on year/yoy), tidak jauh berbeda dari pertumbuhan -2,1 persen yoy pada bulan sebelumnya.

Kendati demikian, BI memproyeksikan, penjualan eceran pada Oktober 2021 diprakirakan tumbuh meningkat sebesar 1,8 persen secara bulanan.

Baca juga: BI akan Gandeng Kementerian untuk Terapkan QRIS

Peningkatan tersebut diproyeksi ditopang oleh kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya, kelompok suku cadang dan aksesori serta makanan, serta minuman dan tembakau.

"Responden menyatakan kenaikan kinerja penjualan sejalan dengan mulai meningkatnya permintaan masyarakat seiring pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas serta didukung kelancaran distribusi," ucap Erwin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.