Kontribusi BTS ke Ekonomi Korea Selatan Capai 0,5 Persen Per Tahun?

Kompas.com - 09/11/2021, 15:14 WIB
BTS menggelar konser online Permission to Dance On Stage (PTD On Stage), Minggu (24/10/2021). Konser tersebut disiarkan langsung dari Olympic Stadium, Seoul, Korea Selatan. PTD On StageBTS menggelar konser online Permission to Dance On Stage (PTD On Stage), Minggu (24/10/2021). Konser tersebut disiarkan langsung dari Olympic Stadium, Seoul, Korea Selatan.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - BTS merupakan boygroup asal Korea Selatan yang telah menjadi salah satu fenomena ekonomi global.

Dilansir dari NPR, boygroup beranggota tujuh orang tersebut telah berkontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja di Korea Selatan hingga berkontribusi terhadap pendapatan negara senilai miliaran dollar AS.

BTS disebut-sebut berkontribusi terhadap perekonomian Korea Selatan hingga 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 71 triliun (kurs Rp 14.200) per tahun. Nilai tersebut setara dengan sekitar 0,5 persen dari keseluruhan ekonomi Korea Selatan.

Dilansir dari Forbes, pada tahun 2019 lalu, BTS menyumbang sebesar 4,65 miliar dollar AS terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Korea Selatan.

Hal itu pun membuat kontribusi BTS terhadap perekonomian Korea Selatan setara dengan perusahaan konglomerasi seperti Samsung.

Baca juga: Kekayaan Bos BTS Meningkat Dua Kali Lipat dalam 9 Bulan, Kok Bisa?

Sementara itu, dilansir dari The Korea Herald, pada tahun 2018 lalu, sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Hyundai Research Institute menyebutkan, efek domino dari produksi yang dilakukan oleh BTS secara tahunan, yakni yang juga didapatkan dari industri terkait, diperkirakan mencapai 4,14 triliun won atau sekitar 3,51 miliar dollar AS.

Selain itu, laporan lainnya yang dipimpin oleh Pyun Ju-Hyun, seorang Profesor di Korea University menyebutkan, konser tiga hari BTS di Seoul memiliki dampak ekonomi setara dengan 1 triliun won.

BTS Effect

Dampak ekonomi yang diciptakan oleh BTS pun menarik banyak perusahaan global untuk berkolaborasi bersama boygroup besutan Big Hit yang kini telah berganti nama menjadi Big Hit Music di bawah induk perusahaan Hybe Corporation.

Awal tahun ini, McDonald's baru saja melakukan kolaborasi dengan BTS lewat BTS Meal yang menyebabkan antrian panjang di gerai-gerai BTS di hampir seluruh dunia.
Selain itu, perusahaan fashion Louis Vuitton pun menjadikan ikon pop tersebut sebagai House Ambassadors.

Pengamat menilai, banyaknya perusahaan yang berkolaborasi dengan BTS tidak hanya untuk menargetkan fans BTS, yakni BTS Army sebagai konsumen saja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.