Menkop UKM Dorong Ekspor Kelapa Melalui Koperasi

Kompas.com - 09/11/2021, 16:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong daya saing komoditas kelapa melalui koperasi.

Teten bilang, potensi industri kelapa sangatlah besar, baik di pasar domestik maupun di pasar ekspor.

“Hampir semua dari kelapa, mulai dari daun, buah, hingga serabutnya berguna dan bernilai tinggi. Dalam hal penyumbang devisa negara, agribisnis kelapa berada pada peringkat 4 setelah sawit, karet, dan kakao,” kata Teten dalam acara Inovasi Pengembangan UMKM Kelapa Terpadu Berdaya Saing dan Berkualitas Ekspor secara virtual, Selasa (9/11/2021).

Baca juga: Kuartal III 2021, Ekspor Perikanan Tumbuh 4,55 Persen

Teten membeberkan, pada kuartal II tahun 2020, ekspor kelapa Indonesia tercatat sebesar 988.000 ton atau senilai 519,2 juta dollar AS. Volume ekspor ini tercatat meningkat 16-17 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

“Kami berharap produk kelapa dan olahannya terus dikembangkan khususnya di Kabupaten Minahasa Selatan (Sulawesi Utara) ini,” katanya.

Pada 2020, produksi kelapa di Indonesia mencapai angka 2,8 juta ton sesuai data Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian.

Teten juga menyebutkan 5 provinsi dengan produksi kelapa terbesar yaitu Riau 14,20 persen, Sulawesi Utara 8,92 persen, Jawa Timur 8,54 persen, Maluku Utara 7,52 persen, dan Sulawesi Tengah 6,96 persen.

Sulawesi Utara memiliki produktivitas 1,2 ton kopra per hektar per tahun atau lebih tinggi dari produksi nasional yaitu 1,0 ton kopra per hektar per tahun.

Tantangan pengembangan kelapa di Sulawesi Utara antara lain sebagian besar tanaman kelapa sudah tua atau tidak produktif serta terserang hama dan penyakit alih fungsi lahan.

Ada 6 produk kelapa dan olahan indonesia yang tinggi nilai ekspornya di dunia yakni kopra diolah dengan nilai ekspor 309,4 juta dollar AS dengan pangsa pasar 25,5 persen dan Indonesia merupakan peringkat 1 di dunia.

Baca juga: BUMN Klaster Pangan Ekspor Beras ke Arab Saudi Mencapai 140 Ton

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.