Kemenhub Pastikan Bandara Halim Masih Beroperasi Normal

Kompas.com - 10/11/2021, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) masih beroperasi secara normal pada saat ini. Hal ini untuk menjawab kabar penutupan penerbangan komersil di bandara tersebut.

"Sampai sekarang Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi seperti biasa. Jadi penerbangan komersial dan aktivitas kemiliteran itu masih berjalan seperti biasa," ujarnya dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (9/11/2021).

Ia mengatakan, seluruh penerbangan komersil baik yang berjadwal maupun tidak masih berlangsung hingga saat ini. Adita memastikan, akan menyampaikan kepada publik jika akan terjadi perubahan ke depannya.

Baca juga: Kemenhub Benarkan Bandara Halim Akan Ditutup

Selain itu, Kemenhub juga akan memberikan waktu kepada pihak maskapai, operator bandara, dan pemangku kepentingan terkait untuk bersiap jika keputusan perubahan operasional sudah ditetapkan. Hal ini mengingat bandara tersebut akan direvitalisasi.

"Kami akan menyampaikan jika ada perubahan-perubahan dan pasti memberikan waktu bagi maskapai, operator, dan stakeholder terkait untuk mempersiapkan diri, jika memang akan dilakukan revitasiliasi dan sudah akan ditegaskan kapan akan dimulai," ungkap Adita.

Dia menjelaskan, rencana revitalisasi masih menjadi pembahasan intensif antara Kemenhub dengan Kementerian Pertahanan, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Kementerian Sekretariat Negara, TNI Angkatan Udara, dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Nantinya rencana revitasilisasi ini akan dituangkan dalam instrumen hukum untuk memperkuat pelaksanaannya. Namun saat ini, masih disiapkan desain yang tepat untuk kebutuhan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, termasuk penanganan dampak dari revitalisasi.

"Sehingga kami mohon kepada seluruh masyarakat dan stakeholder untuk bisa menunggu apa yang akan diputuskan. Tentu akan kami sampaikan sesegera mungkin jika sudah ada keputusan mengenai bagaimana rencana revitalisasi ini, termasuk dampaknya dan cara penanganan terhadap dampak tersebut," paparnya.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Bandara Halim akan dikembalikan fungsinya seperti semula untuk kepentingan militer TNI AU dan penerbangan carter, seiring dengan penutupan bertahap penerbangan komersial berjadwal.

Baca juga: Penerbangan Garuda Indonesia Akan Semakin Langka pada Tahun Depan

Rencana penutupan Bandara Halim untuk penerbangan komersial ini termuat dalam risalah rapat yang dihadiri perwakilan dari para pemegang kepentingan di Bandara Halim.

Pada risalah rapat disebutkan rencana penutupan Bandara Halim akan mulai dilakukan November 2021. Proses penutupan akan berlangsung hingga 9 bulan mendatang dengan konsep prepare for the worst atau persiapan kemungkinan terburuk.

Penerbangan komersil reguler akan dialihkan seluruhnya ke Bandara Soekarno-Hatta. Pendataan peralatan dan sumber daya manusia (SDM) juga akan dilakukan, sebagai antisipasi jika Bandara Halim ditutup total.

Sementara pihak maskapai meminta kepastian waktu pelaksanaan perpindahan, serta bantuan untuk perizinan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.