Lewat Program Ini, Wirausahawan Bisa Konsultasi Terkait Merek dan Lisensi

Kompas.com - 10/11/2021, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI (Kemenkop UKM) berkolaborasi untuk meluncurkan program peningkatan skala usaha bagi wirausaha melalui jaringan bisnis.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pihaknya terus mendorong peningkatan kualitas wirausaha selama pandemi Covid-19.

Menurut dia, wirausaha penting di negeri ini sebagai upaya dan solusi dalam menangani perekonomian nasional sebagai dampak Covid-19 yang melanda Indonesia.

Baca juga: Menkop Teten Targetkan Jumlah Wirausaha Indonesia Capai 3,9 Persen di Tahun 2024

"Kami juga berharap, dari hasil kolaborasi dengan ASENSI ini tercipta proses bisnis yang dapat dikembangkan sehingga terbangun ekosistem dan energi positif dalam rangka pengembangan kewirausahaan nasional yang kokoh,” ujar Teten dalam siaran resminya, dikutip Kompas.com, Rabu (10/11/2021).

Sementara itu, Ketua Umum ASENSI Susanty Widjaya mengatakan, pihaknya terus dan akan selalu mendukung peningkatan wirausaha pelaku UKM di Tanah Air.

Menurut dia, program ini sesuai dengan visi dan misi mereka yakni pemberdayaan lsiensi merek dan produk lokal, serta peningkatan skala usaha agar wirausaha merek dan produk lokal bisa terus berkembang secara nasional dan internasional.

"Diharapkan wirausaha merek dan produk lokal dapat menjadi lebih semangat di masa pandemi ini, sehingga juga dapat meningkatkan omzet melalui network,” kata Susanty.

Susanty menjelaskan, lewat program ini para wirausaha akan mendapatkan materi-materi pelatihan dari bisnis dan konsultasi langsung dengan para pengajar.

Baca juga: Kemenaker Tekankan Pentingnya TKS dalam Penguatan Ekosistem Wirausaha

Termasuk persiapan untuk menuju kepada bisnis, baik merek atau produk yang dapat dimitrakan atau dilisensikan.

“Dari hasil edukasi dan kolaborasi ini diharapkan bisa membangun suatu ekosistem dan energy positif seperti bersama dengan Jababeka Residence salah satunya dalam rangka pengembangan kewirausahaan nasional yang kokoh untuk Wirausaha Indonesia Maju," jelas Susanty.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.