Pembubaran OFI yang Sempat Bikin Pengguna OVO Panik

Kompas.com - 11/11/2021, 05:39 WIB
Ilustrasi DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin operasi perusahaan pembiayaan, PT Ovo Financial Indonesia (OFI).

Kabar tersebut sempat menghebohkan jagat media sosial, sebab banyak orang yang menduga, Ovo yang dimaksud ialah OVO penyelenggara layanan uang atau dompet elektronik.

Padahal, kedua entitas tersebut berbeda, dimana OVO yang banyak dikenal masyarakat tidak memiliki keterkaitan dengan Ovo Financial Indonesia atau OFI.

Baca juga: Punya Nama Mirip, Presdir OVO: Kami Tak Ada Kaitannya dengan PT OVO Finance Indonesia

Masyarakat sempat panik

Meskipun kedua perusahaan itu merupakan entitas yang berbeda, kabar pencabutan izin OFI langsung membuat masyarakat, khususnya pengguna OVO panik.

Dilihat dari akun resmi Instagram OVO, @ovo_id, terdapat suatu unggahan yang dibanjiri pernyataan dan pertanyaan netizen terkait pemblokiran OFI.

Banyak netizen yang mempertanyakan kabar pemblokiran OFI ke akun OVO.

Bahkan, tidak sedikit juga netizen yang menyampaikan kepanikannya pasca-pemblokiran perusahaan pembiayaan tersebut.

Bukan hanya di Instagram, di Twitter kata kunci OVO juga sempat menjadi trending topic pada Rabu (10/11/2021) pagi hari.

Tidak jauh berbeda, netizen di Twitter juga mempertanyakan kebenaran kabar pemblokiran OFI yang dilakukan oleh OJK dan juga operasional dan kemanan dari OVO itu sendiri.

Entitas berbeda

Untuk meredam kepanikan itu, PT Visionet Internasional selaku perusahaan penyelenggara OVO langsung memberikan klarifikasi terkait pencabutan izin OFI.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.