Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raiz Invest Digandeng Trimegah Asset Management Luncurkan Reksa Dana Pendapatan Tetap

Kompas.com - 11/11/2021, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Raiz Invest Indonesia platfortm investasi keuangan, digandeng Trimegah Asset Management untuk memasarkan reksa dana pendapatan tetap, Trimegah Fixed Income Plan (TFIP).

TFIP merupakan produk reksa dana pendapatan tetap yang dikelola oleh manajer investasi PT Trimegah Asset Management dan dipasarkan oleh Raiz Indonesia sebagai Agen Penjual Reksa Dana (Aperd).

Satrio Norojono, Investment Specialist dari Raiz Invest Indonesia mengatakan, sejak peluncuran perdananya pada 2019 sampai September 2021, TFIP mencatatkan return 17,95 persen (termasuk dividen).

Baca juga: Perhatikan Tiga Hal Ini Sebelum Memutuskan Berinvestasi Reksa Dana

“Return tersebut masih lebih tinggi dibandingkan dengan benchmarknya yaitu rata-rata tingkat deposito berjangka 6 bulan dengan return 10,3 persen pada periode yang sama,” kata Satrio melalui siaran pers, Rabu (10/11/2021).

Satrio mengatakan, portofolio dari reksa dana tersebut mayoritas investasinya berupa obligasi korporasi bertenor 2-3 tahun dengan peringkat minimal A atau di atas level layak investasi (investment grade).

“Dengan tenor obligasi selama 2-3 tahun yang lebih pendek dibanding obligasi pada umumnya 3-5 tahun, maka TFIP lebih tidak bergejolak karena volatilitas TFIP juga lebih terbatas daripada reksa dana yang berinvestasi pada obligasi yang tenornya lebih panjang,” ujar Satrio.

Dia menjelaskan, dengan minimal investasi Rp 100.000, investor TFIP dapat menerima Penghasilan Hasil Investasi atau PHI yang berasal dari kupon obligasi dengan potensi besaran sekitar 1 persen setiap kuartal atau sekitar 4 persen dari setiap tahunnya.

Baca juga: Setelah Tapering, Bagaimana Prospek Kinerja Reksa Dana?

Selain itu, nasabah juga berhak mendapatkan asuransi jiwa gratis dengan nilai uang pertanggungan hingga Rp 1 miliar, khusus bagi investor TFIP yang total investasinya sudah di atas Rp 10 juta atau langsung membeli TFIP senilai di atas Rp 10 juta.

Layanan asuransi TFIP tersebut disediakan oleh PT Avrist Assurance tanpa dikenakan biaya premi tambahan serta tanpa memotong nilai investasi reksa dana nasabah.

“Untuk berinvestasi pada TFIP, nasabah dapat memanfaatkan fitur investasi berkala pekanan dan bulanan, round-ups dari pembulatan selisih aktivitas belanja, dan investasi satu waktu yang seluruhnya tersedia di aplikasi Raiz Invest Indonesia,” jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com