Tes SKB CPNS Dimulai 15 November, Simak Syarat Sebelum Ikut Ujian

Kompas.com - 11/11/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi CPNS 2021. KOMPAS.com/ABBA GABRILLINIlustrasi CPNS 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menggelar seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 15 November 2021.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan jika jumlah PC di lokasi ujian mandiri nya kurang dari 100 unit, maka penyelenggaraan seleksi dapat dilakukan sebanyak 4 sesi mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Suharmen menuturkan, instansi yang memiliki jenis tes lain selain CAT BKN dapat mulai melaksanakan SKB lebih awal sebelum tanggal 15 November.

Baca juga: Dari pemberitaan oke, karena memberikan angin segar ke pelaku UMKM

"Panitia seleksi instansi pusat dan instansi daerah wajib berperan aktif melakukan upaya pencegahan segala bentuk praktik-praktik kecurangan dalam pelaksanaan SKB," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (11/11/2021).

 

Berdasarkan data BKN per 1 November, pelaksanaan SKD CPNS telah diikuti oleh 2.034.074 peserta dan seleksi kompetensi PPPK Non-Guru diikuti oleh 39.880 peserta.

Dari hasil rekonsiliasi dan validasi nilai, persentase kelulusan peserta CPNS yang memenuhi ambang batas atau passing grade (PG) SKD mencapai 46 persen dengan jumlah 155.854 peserta.

Dari jumlah 155.854 peserta yang lulus passing grade, 52.300 peserta diantaranya dinyatakan memenuhi 3 kali ambang batas formasi dan berhak melanjutkan seleksi ke tahapan berikutnya.

Sementara persentase kelulusan peserta seleksi kompetensi PPPK Non-Guru yang menenuhi ambang batas mencapai 40 persen dengan jumlah 3.335 peserta.

Dari jumlah 3.335 peserta yang lulus passing grade, 2.088 peserta juga dinyatakan memenuhi ambang batas formasi atau 3 kali formasi jabatan. Peserta SKD CPNS yang dinyatakan memenuhi ambang batas formasi merupakan peserta yang berhak mengikuti tahap tes SKB.

Syarat Ujian SKB

Di dalam surat BKN ini juga diatur syarat sebelum mengikuti ujian SKB, antara lain:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.