Ada Pandemi Covid-19, Pelaku Usaha Dituntut Peduli Kesehatan Pekerja

Kompas.com - 11/11/2021, 12:56 WIB
Ilustrasi pekerja kantoran. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi pekerja kantoran. (Dok. Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat dunia usaha perlu memiliki persiapan untuk menghadapi krisis kesehatan bagi para pekerja di masa depan.

Pasalnya, pandemi mempercepat penerapan otomatisasi dan digitalisasi di dunia kerja.

Hal ini juga berdampak pada kesehatan sehingga perusahaan diharapkan tetap berfokus pada ketahanan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Baca juga: Wamenkeu: Kondisi Tenaga Kerja Jadi Titik Penting Pemulihan Ekonomi

"Tuntutan perubahan akibat pandemi mengharuskan pelaku usaha menerapkan strategi operasi dengan cara kerja baru agar bisnisnya tetap bertahan. Salah satu strategi adalah dengan berinvestasi pada kesehatan para pekerjanya," kata Co-Founder CReco Research Chatib Basri dalam webinar, Kamis (11/11/2021).

Menurut Chatib, setidaknya pemerintah dan pelaku usaha harus fokus pada tiga hal. Selain masalah kesehatan, para pekerja yang rentan terhadap peralihan teknologi juga harus segera diberi pelatihan atau keterampilan baru.

Sebab pandemi menuntut masyarakat untuk lebih adaptif dalam menghadapi otomatisasi proses bisnis, digitalisasi ekonomi, dan munculnya bentuk-bentuk pekerjaan baru.

“Skenario selama masa pandemi ini, kita masih berada pada tahapan disaster relief. Di tahap itu pemerintah harus berfokus pada tiga hal yaitu sektor kesehatan, pendampingan sosial masyarakat dan dukungan terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM),” ucap mantan Menteri Keuangan itu.

Baca juga: Daftar Harga Sembako Hari Ini di Jakarta

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Elly Rosita Silaban menambahkan, menyelamatkan kehidupan para pekerja ini dibutuhkan kerjasama yang baik antara pekerja dengan pemerintah dan pengusaha.

Untuk menerapkan prinsip ketahanan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pekerja harus patuh pada aturan kesehatan yang dijalankan perusahaan.

Pekerja tidak bisa lagi menuntut hak-hak mereka kepada pemerintah dan pengusaha, tapi juga harus ikut andil dalam perusahaan, termasuk aturan kesehatan.

“Pekerja harus ikut andil untuk memikirkan bagaimana agar perusahaan tempat mereka bekerja bisa kembali menjalankan bisnisnya. Tentu saja pekerja harus sangat patuh dengan aturan kesehatan yang ditetapkan,” pungkas Elly.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.