Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp 71 Triliun untuk Bayar Pajak

Kompas.com - 11/11/2021, 13:44 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|


NEW YORK, KOMPAS.com - Pengusaha sekaligus investor global Elon Musk menjual saham yang ia miliki di perusahaan kendaraan listrik, Tesla Inc, senilai 5 miliar dollar AS. Nilai tersebut setara dengan sekitar Rp 71 triliun (kurs Rp 14.200).

Dilansir dari CNBC Kamis (11/11/2021), meski menjual sejumlah saham tersebut, Elon Musk masih memiliki 116 juta saham Tesla.

Elon Musk menjual saham Tesla dalam dua kali transaksi, yang pertama yakni ia mengajukan penjualan saham sebesar 930.000 saham dengan nilai lebih dari 1,1 miliar dollar AS.

Kemudian, ia menjual lebih dari 3,5 juta saham dengan nilai 3,88 miliar dollar AS dalam serangkai perdagangan yang dilakukan pada Selasa (9/11/2021) dan Rabu (10/11/2021) lalu.

Baca juga: Tagihan Pajak Capai Rp 213 Triliun, Elon Musk Bakal Jual Saham Tesla

Elon Musk menjual saham Tesla yang ia miliki sebagai bagian untuk memenuhi kewajiban membayar pajak terkait dengan pelaksanaan opsi saham.

Untuk diketahui, Musk tidak mendapatkan gaji atau insentif tambahan dalam bentuk uang tunai.

Pada tahun 2012 lalu, ia mendapatkan opsi saham sebesar 22,8 juta saham dengan nilai 6,24 dollar AS per saham.

Sebelum rencana penjualan saham tersebut diungkapkan ke publik, Musk terlebih dahulu melakukan jajak pendapat melalui akun Twitternya mengenai kepemilikan sahamnya di Tesla.

"Belakangan ini banyak diperbincangkan mengenai laba yang belum terealisasi (unrealized gains) sebagai cara menghindari pajak, jadi saya berencana menjual 10 persen saham. Apakah Anda mendukung ini?" ujar Musk lewat akun Twitter-nya.

Akibat cuitan Musk tersebut, salah Tesla pun merosot 15 persen sepanjang Senin hingga Selasa, sebelum akhirnya rebound sebesar 4 persen pada perdagangan Rabu.

Beberapa pemegang saham Tesla, termasuk di dalamnya pimpinan perusahaan Robyn Denholm, saudara laki-laki Elon Musk, Kimbal Musk, Ira Ehrenpreis, dan Antonio Gracias telah terlebih dahulu menjual saham perusahaan.

Baca juga: Elon Musk Ingin Bangun Universitas, Bayar Kuliah Bisa Pakai Dogecoin

Mereka melepas jutaan dollar AS saham Tesla sejak 28 Oktober, ketika kapitalisasi pasar Tesla melampaui 1 triliun dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.