Menko Perekonomian: Kemitraan Ritel–UMKM Jadi Momentum Pembinaan Kualitas Produk

Kompas.com - 11/11/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi ritel William_PotterIlustrasi ritel

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, di tengah masa pandemi, kemitraan antara toko ritel dengan UMKM harus terjalin dengan baik.

Menurut dia, keberadaan toko ritel tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai akses pasar saja tapi juga untuk pembinaan dalam meningkatkan kualitas produk UMKM.

"Kemitraan ini yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM karena di sini kita bisa melakukan pembinaan terhadap branding, packaging, manajemen pemasaran, manajemen logistik hingga produk UMKM bisa dikenal masyarakat dan bisa bersaing," kata Airlangga dalam Perayaan Hari Ritel Nasional 2021 secara virtual, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Kemendag Dorong Sektor Ritel Bertransformasi ke Digital

Menurut dia, kontribusi sektor ritel perdagangan besar maupun eceren, sangat besar.

Airlangga menyebutkan, berdasarkan data BPS, pusat perbelanjaan dan toko swalayan pada 2020 sebanyak 2.133 unit.

"Besarnya jumlah ritel tersebut menunjukkan besarnya peranan ritel dalam perekonomian nasional serta untuk memenuhi kebutuhan konsumen," kata dia.

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengamininya. Dia bilang, UMKM dengan ritel harus didorong untuk sama-sama bertumbuh sehingga bisa menciptakan ekonomi sircular.

"Ketika UMKM memproduksi makanan tradisional, mereka beli bumbu di ritel modern selain di pasar. Jadi kita mendorong mereka bisa belanja di ritel agar berdampak ke ekonomi," kata Roy.

Baca juga: Resmi Beroperasi, Zurich Syariah Bidik Segmen Ritel dan Industri Halal

"Dan kenapa ke UMKM, karena hasil mereka akan digunakan untuk konsumsi di ritel. Beli baju, sepatu dan sebagainya. Jadi sirkular ekonomi. Ini yang kita bangun," sambung dia.

Direktur Ramayana Group yang sekaligus menjadi ketua panitia Perayaan Hari Ritel Nasional 2021 Setyadi Surya menilai, ritel tidak akan pernah bisa tumbuh tanpa adanya UMKM yang ikut tumbuh.

Oleh sebab itu, ditegaskan dia, sudah seharusnya ritel dan UMKM didorong untuk tumbuh bersama-sama.

"Kami percaya, ritel menjadi pilar UMKM. Ritel enggak akan tumbuh tanpa UMKM tumbuh, makin maju UMKM makin tertata pula ritel modern," kata Setyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.