Dorong Pengembangan Kecerdasan Artifisial, BRIN dan Korika Gelar AI Innovation Summit 2021

Kompas.com - 12/11/2021, 07:23 WIB
Doc.AIIS 2021 Kiki SafitriDoc.AIIS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS 2021) kembali digelar oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Acara digelar melalui Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) bersama Kolaborasi Riset dan Inovasi Nasional (Korika).

Acara yang berlangsung hingga Sabtu (13/11/2021) ini memiliki beberapa kegiatan, seperti konferensi hingga pameran virtual teknologi pemanfaatan artificial intelligence (kecerdasan artifisial - KA) dari berbagai stakeholders.

Baca juga: IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kepala OR PPT BRIN Dadan M Nurjaman mengatakan, AIIS 2021 merupakan buah karya ekosistem kecerdasan artifisial yang dibentuk Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada dua tahun lalu.

Tahun 2020, BPPT telah meluncurkan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial yang melahirkan kolaborasi quad-helix yang terdiri atas pemerintah, akademisi, industri, dan komunitas Korika.

Alhamdulillah, AI Innovation Summit dapat dilaksanakan kembali pada tahun ini. AIIS 2021 dapat menjadi tempat pertemuan antara inventor, inovator, dan investor dalam sebuah sesi forum bisnis dengan tujuan memajukan kecerdasan artifisial di Indonesia,” ujar Dadan dalam siaran pers, Kamis (11/11/2021).

Dadan mengatakan, AIIS 2021 bisa menjadi refleksi penerapan teknologi KA yang paling cepat dan siap diterapkan di Indonesia dengan pembicara kompeten, seperti menteri hingga pakar KA di seluruh dunia.

Baca juga: Menilik Peluang Investasi di Pasar Obligasi dan Saham Setelah The Fed Tapering

Ia berharap, AIIS 2021 dapat menjadi wadah yang menjembatani para inovator, akademisi, pegiat KA dengan pelaku bisnis baik di Indonesia maupun internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, salah satu bentuk kemajuan teknologi dan topik riset terhangat adalah kecerdasan artifisial.

Sebagai lembaga riset dan inovasi nasional, BRIN mendukung pengembangan kecerdasan artifisial sesuai kerangka strategi nasional.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.