Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Erick Thohir Muncul di ATM Himbara, BNI: Tidak Ada Kaitan dengan 2024

Kompas.com - 12/11/2021, 14:37 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jagat media sosial tengah ramai membicarakan foto Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang muncul di layar mesin ATM Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Merespons hal tersebut, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menegaskan, pemasangan foto Erick Thohir di mesin ATM tidak ada kaitannya dengan unsur politik.

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan tampilan layar ATM Himbara saat ini merefleksikan nilai intidari BUMN.

“Tampilan yang ada di ATM dan sejenisnya betul-betul hanya untuk mensosialisasikan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif), tidak ada muatan politis sama sekali. Tidak ada kaitannya dengan 2024,” tuturnya kepada Kompas.com, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Erick Thohir: Bos BUMN yang Tak Mau Ikut Transformasi Pasti Saya Ganti

Seperti diketahui, Indonesia akan kembali menggelar pemilihan presiden (Pilpres) pada 2024. Nama Erick Thohir digadang-gadang berpeluang masuk dalam bursa calon presiden 2024. Salah satunya berdasarkan hasil survei lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) pada Agustus 2021.

Belum lama ini, sejumlah orang yang mengatasnamakan relawan juga mendeklarasikan dukungan agar Erick Thohir maju dalam Pilpres 2024.

Meski begitu, Mucharom mengatakan bahwa munculnya foto Erick Thohir di ATM Himbara tidak ada kaitan dengan Pilpres 2024. Ia mengatakan mesin ATM merupakan salah satu sarana transaksi keuangan yang sudah akrab dan terpercaya di kalangan masyarakat.

Baca juga: PCR Dukung Luhut dan Erick Thohir Jadi Capres-Cawapres, Dinilai Berprestasi Atasi Pandemi

Oleh karenanya, BNI beserta anggota Himbara lainnya memanfaatkan channel mesin ATM untuk mensosialisasikan berbagai informasi produk, pelayanan, maupun informasi penting lainnya, termasuk informasi terkini yang terjadi di lingkungan BUMN.

Adapun terpampangnya foto Erick Thohir di mesin ATM Himbara merupakan upaya bank pelat merah mensosialisasikan core business dari BUMN yakni AKHLAK.

“Dalam peringatan satu tahun core values tersebut kami memasang reminder AKHLAK, termasuk foto Pak Menteri sebagai pencetus AKHLAK, salah satunya di ATM,” ujar Mucharom.

Sebagaimana iklan pada umumnya, foto Menteri BUMN yang muncul di ATM tersebut bakal tayang sekitar 1-1,5 bulan.

Baca juga: Erick Thohir Tak Ingin BUMN Tanpa Keahlian Berinvestasi di Startup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com