Indonesia Ekspor 15 Ton Produk Perikanan dan Pertanian ke Jepang

Kompas.com - 12/11/2021, 17:26 WIB
Ilustrasi ekspor dan impor. SHUTTERSTOCKIlustrasi ekspor dan impor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan bersama Dinas Perindustrian Sulawesi Utara melepas ekspor produk perikanan dan pertanian sebanyak 15 ton ke Jepang.

Nilai ekspor produk perikanan dan pertanian tersebut mencapai 90.000 dollar AS. Pengiriman produk perikanan dan pertanian ini dilakukan pada Rabu (10/11/2021) lalu.

Pelepasan ekspor dilakukan dengan memanfaatkan rute penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara menuju Bandara Narita, Jepang.

Hingga 2022, melalui bandara ini, ekspor produk pertanian dan perikanan ke Jepang ini ditargetkan bisa menembus 1.000 ton.

“Pelepasan ekspor ke Jepang ini merupakan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, para pelaku usaha, dan para pemangku kepentingan sebagai bentuk upaya memperluas pasar produk-produk unggulan Sulawesi Utara ke pasar global, khususnya Jepang,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dalam rilis yang dikutip Kontan.co.id, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: Kemendag Sebut Ada 22.000 Orang Terinfeksi Covid-19 Berusaha Masuk Mal

Didi mengatakan, Kementerian Perdagangan berkomitmen terus meningkatkan ekspor produk potensial maupun jasa melalui berbagai kegiatan promosi, peningkatan kapasitas (capacity building) bagi pelaku usaha ekspor, pengembangan produk, branding,pelatihan ekspor, informasi pasar ekspor, penjajakan bisnis, dan berbagai program lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga surplus neraca perdagangan.

Sementara itu, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Nainggolan bilang, pelepasan ekspor ini merupakan bentuk sosialisasi pemanfaatan rute penerbangan langsung maskapai Garuda Indonesia dari Sam Ratulangi ke bandara Narita di Jepang.

Hal ini diharapkan menarik buyers luar negeri untuk melakukan kerja sama bisnis dengan pelaku usaha didaerah. Sehingga, dapat meningkatkan perekonomian daerah.

“Kami berharap pelepasan ekspor kali ini juga dapat memperluas penyebaran informasi fasilitas jalur penerbangan langsung untuk kargo dari Manado ke Jepang. Sehingga, semakin banyak pelaku usaha yang dapat memanfaatkannya dan berhasil mewujudkan ekspor 1.000 ton dari Manado ke Jepang hingga 2022,” imbuh Marolop.

Baca juga: Pemerintah Akan Kurangi Insentif Pajak, Ini Alasannya

Pada kesempatan tersebut, lanjut Marolop, Kementerian Perdagangan bersama dengan Japan External Trade Organization (JETRO) sepakat berkolaborasi untuk meningkatkan ekspor produk Indonesia, khususnya perikanan ke pasar Jepang.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor produk perikanan Indonesia ke pasar global periode Januari-Agustus 2021 tercatat sebesar 2,46 miliar dollar AS. Jumlah itu naik 4,05 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Negara tujuan ekspor utama produk perikanan Indonesia antara lain Amerika Serikat dengan pangsa pasar mencapai 37,51 persen. Disusul China dengan 20,79 persen, Jepang 10,71 persen, Vietnam 3,9 persen dan Malaysia 3,18 persen. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari)

Baca juga: Gaji Sudah Rp 50 Juta Sebulan, PNS Pajak Ini Masih Terima Suap

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: RI Ekspor 15 Ton Produk Perikanan dan Pertanian ke Jepang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.