Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukalapak Luncurkan Aplikasi BukuMitra, Apa Itu?

Kompas.com - 12/11/2021, 17:38 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar platform online to offline (O2O), Mitra Bukalapak, yang merupakan bagian dari Bukalapak, meluncurkan aplikasi BukuMitra.

President PT Bukalapak.com Tbk Teddy Oetomo menjelaskan, BukuMitra merupakan sebuah aplikasi tersendiri dari fitur Software as a Service (SaaS) yang selama ini menjadi bagian dari aplikasi Mitra Bukalapak.

Melalui aplikasi BukuMitra, platform O2O itu memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari berbagai industri dan tipe bisnis untuk memiliki sistem pembukuan dan pencatatan utang yang aman, mudah, dan efisien.

Baca juga: Bos BEI: IPO Bukalapak Picu Startup Lain Ingin Melantai di Bursa

“Seringkali bisnis yang bertumbuh ini masih dikelola dengan metode pembukuan yang tradisional dengan buku tulis atau secarik kertas,” kata dia, dalam keterangannya, Jumat (12/11/2021).

“Metode ini tentunya memiliki risiko seperti kertas yang hilang, tak sengaja terbuang atau kotor karena ketumpahan sesuatu,” tambah dia.

Selain itu, BukuMitra juga menyediakan fitur media promosi, di mana pengguna dapat membuat poster, katalog, kartu nama, dan spanduk untuk menyebarkan informasi tentang bisnisnya ke rekan-rekan mereka melalui platform digital seperti messaging app dan media sosial.

Sementara itu, Komisaris Bukalapak Bambang Brodjonegoro menyampaikan, aplikasi semacam BukuMitra dapat berkontribusi terhadap salah satu pencapaian Sustainable Development Goals (SDG), terkait peningkatan penyediaan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi serta pengurangan ketidaksetaraan.

“Dengan aplikasi BukuMitra, maka akan memberikan peluang kepada para pelaku UMKM untuk bisa terus tumbuh dan sejajar dengan pelaku bisnis retail modern dari segi pembukuan,” ucap dia.

Baca juga: IPO Mitratel Lebih Besar dari Bukalapak, BEI Yakin Investor Masih Bisa Serap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com