Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berencana IPO, Produsen Cat Avian Bakal Tawarkan 10 Persen Saham kepada Publik

Kompas.com - 13/11/2021, 12:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen cat PT Avia Avian Tbk atau yang lebih dikenal dengan Avian Brands, berencana melepas saham perusahaan ke publik melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) sebesar 10 persen.

Adapun penawaran awal (bookbuilding) saham Avian Brands akan dilangsungkan pada 12-18 November 2021. Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan terbit pada 29 November 2021.

Dalam prospectus, Avia Avian menawarkan sahamnya Rp 780 hingga Rp 930 per saham. Jika saham yang dilepas ke publik adalah 6,2 miliar saham setara dengan 10 persen kepemilikan perusahaan, Avia berpeluag mendapatkan dana IPO sebesar Rp 4,8 triliun hingga Rp 5,7 triliun.

Selanjutnya, masa penawaran umum rencananya akan dilaksanakan pada 1-3 Desember 2021 dan pencatatan saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 7 Desember 2021.

Baca juga: Rata-rata Volume Transaksi Harian Bursa Melesat 48,42 Persen

Avian Brands menunjuk Morgan Stanley, UBS, dan Credit Suisse sebagai joint global coordinators, serta PT Mandiri Sekuritas sebagai domestic lead underwriter.

Wakil Direktur Utama Avian Brands Ruslan Tanoko mengatakan, dana hasil IPO nantinya akan digunakan untuk modal kerja, belanja modal (capital expenditure), dan pembayaran kembali utang bank Avian Brands dan entitas anak.

“Keperluan belanja modal tersebut adalah termasuk untuk pembelanjaan modal fasilitas manufaktur ketiga milik Avian Brands yang baru di Cirebon, yang diperkirakan akan selesai dibangun pada tahun 2025,” jelas Ruslan dalam siaran pers, Jumat (12/11/2021).

Ruslan mengungkapkan, penambahan fasilitas manufaktur ini dan akan menjadi fasilitas manufaktur Avian Brands yang terbesar dengan perkiraan kapasitas produksi sebesar 225.000 metrik ton per tahun, untuk mendukung rencana pertumbuhan dan ekspansi Avian Brands.

"Dengan pusat distribusi terbanyak di Indonesia per 31 Mei 2021, berdasarkan laporan Frost & Sullivan, Avian Brands sangat siap untuk menangkap kesempatan yang ada. Avian Brands memiliki varian produk portofolio yang lengkap dan berhasil membentuk pusat distribusi yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara," ujar dia.

Baca juga: Cek Pengumuman Hasil SKD CPNS KLHK 2021 di Sini

Dia menambahkan, saat ini Avian Brands memiliki 2 pabrik yang terintegrasi. Pabrik utama di Sidoarjo, Jawa Timur dan pabrik kedua di Serang, Banten. Total kapasitas secara kolektif lebih dari 286.000 metrik ton per tahun”, sambung Robert Tanoko, Direktur Operasional dan Pengembangan.

Selain itu, per Mei 2021 Avian Brands memiliki 96 pusat distribusi sendiri ditambah 30 pusat distribusi dari pihak ketiga. Secara keseluruhan, pusat distribusi tersebut melayani lebih dari 52.000 toko bahan bangunan yang tersebar di Indonesia.

Saat ini, Avian Brands memiliki 4 entitas anak yang dimiliki secara langsung dan 1 entitas anak usaha yang dimiliki secara tidak langsung.

Entitas anak usaha tersebut yaitu PT Tirtakencana Tatawarna yang memiliki 96 pusat distribusi, PT Solusi Rumah Praktis yang menyediakan jasa pengecatan di sekitar Jakarta, PT Tirtakencana Batamindo (yang dimiliki melalui PT Tirtakencana Tatawarna) dengan wilayah distribusi di daerah Batam, dan PT Bangun Bersama Solusindo.

“Avian Brands berencana melanjutkan ekspansi jaringan distribusi, serta aktif mencari peluang untuk ekspansi, termasuk joint venture dan merger dan akuisisi. Kami juga akan selalu menjaga operational excellence, serta fokus pada sustainability dan corporate responsibility,” ujar Ruslan.

Baca juga: Estimasi Awal Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rp 250.000-Rp 350.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com