Kompas.com - 13/11/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi PEXELS/ANNA SHVETSIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah telat datang ke kantor? Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Baik itu karena bangun kesiangan, terjebak kemacetan, atau alasan lainnya.

Terkadang, kamu sudah berusaha untuk berangkat lebih pagi, namun tetap saja terlambat tiba di kantor lantaran kondisi jalan yang tak bisa diprediksi.

Apapun alasannya, datang terlambat seringkali membuat kamu merasa bersalah. Ada atasan yang memakluminya, tetapi banyak juga bos yang tak mau tahu.

Intinya, kamu harus disiplin. Datang tepat waktu ke kantor. Tidak boleh terlambat, apalagi terus menerus melakukan hal tersebut.

Oleh sebab itu, jika dirasa kamu akan telat datang ke kantor, sebaiknya lakukan hal ini, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Beri kabar ke bos

Jika kondisi jalan macet parah, ada kemungkinan kamu akan terlambat datang ke kantor. Segera beri tahu bos tentang hal ini agar dia tidak marah atau mencari kamu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Katakan bahwa kamu terjebak macet, atau ada keperluan lain, seperti mengantar anak ke klinik terlebih dahulu. Dengan begitu, dia merasa bahwa kamu menghargainya sebagai atasan.

Punya tanggung jawab untuk mengabari bos, sebab khawatir bos membutuhkan sesuatu darimu yang menyangkut pekerjaan. Sehingga bila kamu sudah memberitahukan kepadanya bahwa akan terlambat, dia tidak akan uring-uringan.

Kabarkan juga bahwa kamu akan memaksimalkan waktu diperjalanan agar tidak terlambat ataupun kalau telat, tidak terlalu lama. Jadi, atasan bisa memaklumi alasan tersebut dan tidak mengira kalau kamu sengaja melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.