Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Alasan Pentingnya Siapkan Dana Darurat

Kompas.com - 14/11/2021, 11:01 WIB
Ade Miranti Karunia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah meningkatnya literasi finansial masyarakat, salah satu yang menjadi topik hangat adalah mengenai kesadaran akan pentingnya perencanaan terhadap dana darurat, khususnya pada masa pandemi Covid-19.

Pasalnya dana darurat akan menjadi sumber dana dalam menghadapi kondisi yang tidak terduga seperti biaya hidup selama mencari pekerjaan baru setelah di-PHK, biaya pengobatan, biaya perawatan pascakecelakaan, ataupun kondisi lainnya.

Buat kamu yang belum memiliki ataupun merencanakan dana darurat, simak lima alasan kenapa harus memiliki dana darurat ala Pakar Finansial Lifepal, Steven Sanjaya.

Baca juga: Dana Darurat Penting di Tengah Pandemi Covid-19, Bagaimana dengan Investasi?

1. Membiayai kebutuhan saat mendesak

Menurut Steven, kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja. Pada saat pandemi seperti saat ini, dana darurat dibutuhkan untuk membiayai penanganan kesehatan ataupun menjadi pengganti pendapatan yang hilang.

"Pada masa di luar pandemi pun, kemungkinan kebutuhan mendesak pun tidak hilang. Oleh karena itu dengan adanya dana darurat, kamu bisa segera membiayai kebutuhan tersebut tanpa pusing," ujar dia melalui keterangan tertulis, Minggu (14/11/2021).

2. Mencegah utang

Dana darurat yang kamu miliki dapat membantu dalam pencegahan menambah utang. Tidak perlu lagi repot meminjam uang guna memenuhi kebutuhan karena ekonomi yang sulit.

Dengan tidak menambahnya utang, artinya bisa terbebas dari kewajiban membayar bunga utang yang tentunya bisa memangkas besar pendapatan sehari-hari.

"Khususnya pada masa pandemi, adanya pengaturan dana darurat juga bisa menutup lubang kekurangan pendapatan Anda apabila terkena pemotongan gaji ataupun pemutusan hubungan kerja (PHK)," kata Steven.

Baca juga: Tips Menyiapkan Dana Darurat dengan Menabung Emas

3. Mencegah belanja konsumtif

Memiliki pengaturan dana darurat ternyata bisa mengurangi kebiasaan berbelanja dari barang-barang atau jasa konsumtif.

Pasalnya, kamu akan mengalokasikan sejumlah dana untuk dialihkan ke rekening dana darurat alih-alih membelanjakannya untuk barang-barang yang di luar keperluan.

Dengan kata lain, pengaturan alokasi dana darurat mampu menjauhkan uang dari jangkauanmu untuk digunakan pada hal-hal yang sebenarnya bukan merupakan kebutuhan utama.

4. Dana masa depan menjadi lebih aman

Kepemilikan dana darurat bisa membuatmu mengamankan harta jika ada kebutuhan mendesak yang perlu ditangani.

Adanya dana darurat tidak dipungkiri bisa melindungi tabungan pensiun ataupun anggaran yang telah kamu untuk cita-cita di masa depan agar tidak terpakai jika ada kondisi mendesak.

Baca juga: Kesadaran Masyarakat Indonesia Menyiapkan Dana Darurat Masih Rendah

5. Pikiran jadi lebih tenang

Bagian terpenting dari dana darurat yaitu bisa memberikanmu ketenangan pikiran ekstra.

Dana darurat yang solid dapat meyakinkanmu untuk dapat mengelola pengeluaran yang tidak terduga dan karenanya fokus pada pekerjaanmu saat ini.

Selain itu, kamu juga dapat lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pada bidang kehidupan lain sehingga mampu semakin meminimalkan tekanan finansial.

"Lima poin di atas adalah fungsi dan juga keuntungan yang didapatkan setelah mempersiapkan dana darurat untuk menghadapi kondisi yang tidak terduga. Semoga kita bisa terus mempersiapkan diri dalam menghadapi kondisi apapun," tutur Steven.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com