Ini 5 Alasan Pentingnya Siapkan Dana Darurat

Kompas.com - 14/11/2021, 11:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah meningkatnya literasi finansial masyarakat, salah satu yang menjadi topik hangat adalah mengenai kesadaran akan pentingnya perencanaan terhadap dana darurat, khususnya pada masa pandemi Covid-19.

Pasalnya dana darurat akan menjadi sumber dana dalam menghadapi kondisi yang tidak terduga seperti biaya hidup selama mencari pekerjaan baru setelah di-PHK, biaya pengobatan, biaya perawatan pascakecelakaan, ataupun kondisi lainnya.

Buat kamu yang belum memiliki ataupun merencanakan dana darurat, simak lima alasan kenapa harus memiliki dana darurat ala Pakar Finansial Lifepal, Steven Sanjaya.

Baca juga: Dana Darurat Penting di Tengah Pandemi Covid-19, Bagaimana dengan Investasi?

1. Membiayai kebutuhan saat mendesak

Menurut Steven, kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja. Pada saat pandemi seperti saat ini, dana darurat dibutuhkan untuk membiayai penanganan kesehatan ataupun menjadi pengganti pendapatan yang hilang.

"Pada masa di luar pandemi pun, kemungkinan kebutuhan mendesak pun tidak hilang. Oleh karena itu dengan adanya dana darurat, kamu bisa segera membiayai kebutuhan tersebut tanpa pusing," ujar dia melalui keterangan tertulis, Minggu (14/11/2021).

2. Mencegah utang

Dana darurat yang kamu miliki dapat membantu dalam pencegahan menambah utang. Tidak perlu lagi repot meminjam uang guna memenuhi kebutuhan karena ekonomi yang sulit.

Dengan tidak menambahnya utang, artinya bisa terbebas dari kewajiban membayar bunga utang yang tentunya bisa memangkas besar pendapatan sehari-hari.

"Khususnya pada masa pandemi, adanya pengaturan dana darurat juga bisa menutup lubang kekurangan pendapatan Anda apabila terkena pemotongan gaji ataupun pemutusan hubungan kerja (PHK)," kata Steven.

Baca juga: Tips Menyiapkan Dana Darurat dengan Menabung Emas

3. Mencegah belanja konsumtif

Memiliki pengaturan dana darurat ternyata bisa mengurangi kebiasaan berbelanja dari barang-barang atau jasa konsumtif.

Pasalnya, kamu akan mengalokasikan sejumlah dana untuk dialihkan ke rekening dana darurat alih-alih membelanjakannya untuk barang-barang yang di luar keperluan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.