Kompas.com - 14/11/2021, 20:26 WIB
Berapa persen biaya admin Tokopedia? Simak biaya admin Tokopedia seller atau biaya admin jualan di Tokopedia (Dok. Shutterstock) Berapa persen biaya admin Tokopedia? Simak biaya admin Tokopedia seller atau biaya admin jualan di Tokopedia (Dok. Shutterstock)

KOMPAS.com - Berapa persen biaya admin Tokopedia yang harus ditanggung seller atau penjual ketika menjual barang dagangannya? Begitu kira-kira pertanyaan yang sering muncul ketika seseorang ingin berjualan di marketplace yang identik dengan warna hijau itu.

Sebagaimana perusahaan marketplace lainnya, biaya admin Tokopedia seller ditentukan berdasarkan persentase dari nilai transaksi penjualan. Itu sebabnya, biaya admin jualan di Tokopedia berbeda untuk masing-masing penjual maupun transaksinya.

Yang perlu diketahui, Tokopedia menerapkan tingkatan seller yang nantinya akan berpengaruh pada biaya admin Tokopedia seller. 

Kategori tingkatan penjual tersebut meliputi regular merchant, power merchant, dan power merchant pro. 

Baca juga: Rincian Biaya Admin Bank BCA, Saldo Minimal, dan Setoran Awal

Beberapa perbedaan mencolok antara regular merchant dan merchant pro antara lain sistem verifikasi, kriteria penjual, tampilan badge toko, rangking pencarian, dan keikutsertaan dalam program promo.

Sederhananya, penjual dengan status power merchant dan power merchant pro tentunya menikmati berbagai kelebihan dibandingkan dengan seller dengan status regular merchant.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun konsekuensinya, biaya admin Tokopedia seller yang harus ditanggung tentu lebih tinggi. Bagi pedagang regular merchant yang memenuhi syarat, tentu bisa melakukan upgrade tokonya menjadi power merchant.  

Berapa persen biaya admin Tokopedia?

Dikutip dari laman resmi Tokopedia, biaya admin Tokopedia seller untuk status power merchant adalah sebesar 1,25 persen dari harga produk yang terjual.

Baca juga: Lengkap, Rincian Biaya Admin Tabungan BNI, BRI, BTN, dan Mandiri

Untuk biaya admin Tokopedia seller dengan status power merchant pro, ditetapkan sebesar 1,5 persen dari nilai jual barang. Biaya admin Tokopedia seller ini berlaku sejak 14 Juni 2021. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.