Minat Jualan Online? Simak Perbedaan Biaya Admin Shopee dan Tokopedia

Kompas.com - 15/11/2021, 09:37 WIB
Ini beda biaya admin Shopee dan biaya admin Tokopedia untuk seller. Aprillio AkbarIni beda biaya admin Shopee dan biaya admin Tokopedia untuk seller.

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, e-commerce paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia adalah Tokopedia dan Shopee. Nah selain berbelanja secara online, pengguna juga bisa menjual barang di kedua marketplace tersebut.

Menjual barang di marketplace secara daring memiliki beberapa keuntungan. Pemilik toko online tak harus membuka toko fisik yang seringkali membutuhkan biaya investasi seperti sewa toko.

Karena bisa dilakukan dari rumah, usaha toko online juga bisa dilakukan sebagai bisnis sampingan. Modal pun tentunya bisa ditekan lebih minim dibandingkan berjualan secara fisik. 

Bahkan saat ini, beberapa perusahaan ekspedisi juga menyediakan layanan penjemputan atau pick up paket oleh kurir, sehingga seller, sebutan untuk penjual online, tak perlu mengantarkan barangnya ke kantor pengiriman. 

Baca juga: Rincian Biaya Admin Bank BCA, Saldo Minimal, dan Setoran Awal

Namun yang perlu diketahui, berjualan secara online di Tokopedia maupun Shopee akan dikenakan biaya admin atau seringkali juga disebut biaya layanan. 

Biaya admin biasanya akan langsung dipotong otomatis dari saldo penghasilan yang didapatkan seller setelah penjualan selesai, di mana barang sudah diantar kurir sampai ke tangan pembeli. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biaya admin Shopee

Secara umum, Shopee Indonesia membagi kategori penjual di platformnya yakni penjual non-star, penjual star (star seller), star plus, dan mall. 

Penggolangan ini nantinya akan berpengaruh pada biaya admin transaksi yang dikenakan pada seller (biaya admin Shopee). Untuk mereka yang baru berjualan di Shopee, otomatis akan masuk dalam kategori penjual non-star. 

Baca juga: Berapa Biaya Admin Shopee yang Ditanggung Penjual?

Penentu biaya admin Shopee lainnya adalah besaran transaksi. Semakin besar nilai transaksi penjual dan pembeli, maka semakin tinggi pula potongan biaya yang akan dikenakan Shopee pada para penjualnya.

Yang perlu diketahui, penjual juga akan dikenakan biaya lain di luar biaya administrasi apabila mengikuti sejumlah program promo yang diselenggarakan Shopee.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.