Selain Bitcoin, Ini Daftar Aset Kripto dengan Kapitalisasi Terbesar

Kompas.com - 15/11/2021, 12:41 WIB
Ilustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency). Ilustrasi Bitcoin. Hukum uang kripto SHUTTERSTOCK/CHINNAPONGIlustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency). Ilustrasi Bitcoin. Hukum uang kripto
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang kripto atau aset kripto masih menjadi pembahasan hangat dalam beberapa waktu terakhir.

Pada pekan lalu, harga bitcoin sempat mendekati level 70.000 dollar AS per keping, tepatnya di kisaran 68.789,63 dollar AS per keping. Nilai tersebut setar dengan sekitar Rp 976,80 juta.

 

Saat ini di seluruh dunia, terdapat lebih dari 10.000 jenis mata uang kripto.

Secara keseluruhan, dikutip dari Coinmarketcap, kapitalisasi pasar mata uang kripto di dunia saat ini mencapai 2,87 triliun dollar AS. Meski demikian, dari jumlah tersebut, separuhnya masih dikontribusikan oleh bitcoin yang kapitalisasi pasarnya mencapai 1,24 triliun dollar AS atau sekitar 43,20 persen dari keseluruhan kapitalisasi pasar mata uang kripto.

Bagi Anda yang berminat untuk berinvestasi di mata uang kripto, ada baiknya Anda mengenal jenis mata uang kripto selain bitcoin.

Baca juga: Penggunaan Blockchain Selain untuk Mata Uang Kripto, Untuk Apa Saja?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah beberapa jenis mata uang kripto selain bitcoin dengan kapitalisasi pasar terbesar:

Ethereum

Sebenarnya, ethereum merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang berbasis jaringan blockchain yang bisa diakses bebas atau open source. Aplikasi berbasis jaringan blockchain tersebut memiliki aset kripto yang disebut dengan ether.

Saat ini, ether merupakan mata uang digital dengan kapitalisasi pasar terbesar, yakni sekitar 558,08 miliar dollar AS atau 19,44 persen dari keseluruhan valuasi pasar mata uang kripto.

Perangkat lunak ethereum diciptakan untuk memperluas penggunaan blockchain di luar bitcoin dan bisa digunakan untuk aplikasi yang lebih luas.

Berbeda dengan bitcoin yang jumlahnya terbatas, suplai ethereum tak dibatasi. Saat ini, ethereum diperdagangkan di kisaran 4.706 dollar AS per keping.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.